Upaya peningkatan hasil pembelajaran hafalan Asma'ul Husna dengan metode menyanyi (studi tindakan kelas pada kelas B Raudlatul Athfal Miftahul Huda Glagah Kulon Dawe Kudus tahun ajaran 2010/2011)

Kusmiatun, Kusmiatun (2011) Upaya peningkatan hasil pembelajaran hafalan Asma'ul Husna dengan metode menyanyi (studi tindakan kelas pada kelas B Raudlatul Athfal Miftahul Huda Glagah Kulon Dawe Kudus tahun ajaran 2010/2011). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093111362-cover.pdf - Accepted Version

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111362-bab1.pdf - Accepted Version

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111362-bab2.pdf - Accepted Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111362-bab3.pdf - Accepted Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111362-bab4.pdf - Accepted Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111362-bab5.pdf - Accepted Version

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111362-bibliografi.pdf - Bibliography

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode menyanyi versi sholawatan band Wali dalam peningkatan hasil pembelajaran Penelitian ini menggunakan metode tes, wawancara, observasi dan pelaksanaan penelitian dilakukan secara bersiklus. Data observasi penelitian menunjukan adanya penguasaan peningkatan hasil pembelajaran hafalan dengan metode menyanyi versi band Wali. Data tersebut diperoleh dari hasil uji kemampuan pada empat tahap, yaitu sebelum tindakan pra sikus, setelah tindakan siklus I, setelah siklus II dan setelah tindakan siklus III. Sebelum pra siklus I, 2 anak menguasai, 5 anak kurang menguasai, 3 anak sangat tidak menguasai. Setelah tindakan siklus I, 5 anak menguasai, 11 anak kurang menguasai, 2 anak tidak menguasai. Setelah tindakan siklus II, 2 anak sangat menguasai, 12 anak kurang menguasai, 2 anak tidak menguasai, 1 anak sangat tidak menguasai. Setelah tindakan siklus III, 0 anak sangat tidak menguasai, 5 anak sangat menguasai, 14 anak menguasai, 1 anak menguasai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode menyanyi yang biasa digunakan dalam pembelajaran di Raudhatul Athfal sesuai dengan karakteristik anak RA yang suka meniru, ingin mencoba, riang dan gembira dan tak pernah lepas dari aktivitas menyanyi. Keberhasilan peningkatan hafalan, disamping penerapan metode yang dilakukan oleh guru, juga ditentukan oleh peranan orang tua dan lingkungan sekitar yang kondusif. Dalam kegiatan belajar mengajar guru adalah sebagai sutradara sekaligus aktor didalam proses pembelajaran , maka kemampuan guru dalam strategi pembelajaran sangat mempengaruhi tingkat keberhasilan anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hafalan Asma’ul Husna; Metode Pembelajaran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.21 God and spiritual beings > 297.211 God / Allah
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 07 Jul 2014 01:40
Last Modified: 07 Jul 2014 01:40
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2465

Actions (login required)

View Item View Item