Penerapan metode inquiri untuk meningkatkan pemahaman aspek kognitif siswa pada pembelajaran fiqih materi pokok ketentuan kurban di kelas V MI Yataba Alasdowo Dukuh seti Pati tahun pelajaran 2010/2011

Samrotun, Samrotun (2011) Penerapan metode inquiri untuk meningkatkan pemahaman aspek kognitif siswa pada pembelajaran fiqih materi pokok ketentuan kurban di kelas V MI Yataba Alasdowo Dukuh seti Pati tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093111376-coverdll.pdf - Accepted Version

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111376-bab1.pdf - Accepted Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111376-bab2.pdf - Accepted Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111376-bab3.pdf - Accepted Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111376-bab4.pdf - Accepted Version

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111376-bab5.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111376-bibiliograpy.pdf - Bibliography

Download (13kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini Penerapan Metode Inquiri untuk Meningkatkan Pemahaman Aspek Kognitif Siswa pada Pembelajaran Fiqih Materi Pokok Ketentuan Kurban Di Kelas V MI Yataba Alasdowo Dukuhseti Pati Tahun Pelajaran 2010/2011. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : 1) Bagaimana penerapan metode inquiry pada pembelajaran fiqih materi pokok ketentuan kurban di kelas V MI Yataba Alasdowo Dukuhseti Pati? 2)Adakah peningkatan pemahaman aspek kognitif siswa pada pembelajaran fiqih materi pokok ketentuan kurban di kelas V MI Yataba Alasdowo Dukuhseti Pati setelah menggunakan metode inquiry?. Permasalahan tersebut di bahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 3 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi di kelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan persiklus. Kajian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode inquiry pada pembelajaran fiqih materi pokok ketentuan kurban di kelas V MI Yataba Alasdowo Dukuhseti Pati berbagai siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi, perencanaan dilakukan peneliti yaitu peneliti membuat RPP, menyusun Kuis, merancang pembentukan kelompok, dan menggunakan media gambar, alat peraga dan modin, peneliti menyiapkan lembar observasi (terlampir) dan pendokumentasian, Sedang pada tahap tindakan ini merupakan proses pembelajaran yang dilakukan yang dimulai dari persiapan dengan do’ dan absensi sementara itu setting kelas dengan setting biasa, huruf U, selain itu juga menggunakan beberapa media untuk memperjelas materi yang disampaikan seperti gambar dan alat peraga, kemudian pada tahap pelaksanaan pembelajaran dengan guru menerangkan materi tanya jawab, pembagian kelompok atau pasangan, setiap kelompok di tuntut untuk mencari jawaban dari masalah yang ditemukan baik itu terkait dengan ketentuan kurban praktik maupun hikmah sesuai pengetahuan atau dapat di cari melalui buku atau perpustakaan, setiap kelompok mempresentasikan di depan dan diskusi kelas dilanjutkan dengan memberikan kuis dan doa. Pada tahap observasi peneliti meneliti aktivitas kegiatan siswa, dari hasil kuis dan observasi tersebut di refleksi untuk pedoman pembelajaran siklus berikutnya. 2) Peningkatan pemahaman aspek kognitif siswa pada pembelajaran fiqih materi pokok ketentuan kurban di kelas V MI Yataba Alasdowo Dukuhseti Pati setelah menggunakan metode inquiry dapat di lihat dari peningkatan hasil belajar kognitif per siklus dimana pada pra siklus tingkat ketuntasannya 11 siswa atau 42,3% naik pada siklus I menjadi 15 siswa atau 57,7%, naik lagi pada siklus II menjadi 18 siswa atau 69,2% di akhir siklus III sudah menjadi 22 siswa atau 84,7%. Sedangkan pada aktivitas belajar siswa juga terjadi peningkatan di mana siklus I 11 siswa atau 42,3, naik menjadi 17 siswa atau 65,4% pada siklus II dan di akhir siklus III sudah mencapai 21 siswa atau 80,8%, hasil yang telah di capai sudah sesuai indikator yang ditentukan yaitu nilai ketuntasan dengan KKM 70 sebanyak 80% dan aktivitas belajar pada kategori baik dan baik sekali sebanyak 80 % dari jumlah seluruh siswa. Ini menunjukkan hasil belajar sudah melebihi indikator keberhasilan yang diinginkan dan hipotesis tindakan terwujud.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Metode Inquiry; Fiqih; Kurban
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 07 Jul 2014 01:28
Last Modified: 07 Jul 2014 01:28
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2472

Actions (login required)

View Item View Item