Upaya peningkatan prestasi siswa pada pembelajaran moral keagamaan melalui metode bercerita di RA Bustanul Qur’an Karangsem Kecamatan Sayung Kabupaten Demak tahun pelajaran 2010/2011

Maesaroh, Maesaroh (2011) Upaya peningkatan prestasi siswa pada pembelajaran moral keagamaan melalui metode bercerita di RA Bustanul Qur’an Karangsem Kecamatan Sayung Kabupaten Demak tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093111386-cover.pdf - Accepted Version

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111386-BAB 1.pdf - Accepted Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111386-BAB 2.pdf - Accepted Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111386-BAB 3.pdf - Accepted Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111386-BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111386-BAB 5.pdf - Accepted Version

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111386-Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (11kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas pelaksanaan metode bercerita yang dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran moral keagamaan di RA Bustanul Qur’an Karangasem Sayung Demak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar moral keagamaan siswa yang masih rendah. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana upaya meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran moral keagamaan di RA Bustanul Qur’an Karangasem Sayung Demak tahun pelajaran 2010/2011? (2) Apakah melalui metode bercerita dapat meningkatkan prestasi siswa pada pembelajaran moral keagamaan di RA Bustanul Qur’an Karangasem Sayung Demak tahun pelajaran 2010/2011? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan langkah-langkah: Perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan mengadakan refleksi. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelompok B RA Bustanul Qur’an Karangasem Sayung Demak dengan jumlah siswa 30 anak. Tujuan digunakannya metode bercerita adalah : (1) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa (2) memudahkan guru untuk menyampaikan materi pembelajaran. Melalui observasi sebagai instrumen penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode bercerita dalam pencapaian tujuan pembelajaran mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar per siklus. Sikus I hasil baik 17 siswa atau 56,7%, siklus II hasil baik meningkat 23 siswa atau 76,7% dan siklus III hasil baik meningkat lagi menjadi 27 siswa atau 90%. Upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar moral keagamaan mengalami peningkatan yang signifikan karena dengan menggunakan metode bercerita proses pembelajaran bisa berlangsung lebih interaktif antara siswa dengan guru. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi sivitas akademika, para mahsiswa, para tenaga pengajar mata kuliah dan jurusan di Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Moral Keagamaan; Metode Pembelajaran; Cerita; Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 04 Jul 2014 07:21
Last Modified: 04 Jul 2014 07:21
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2478

Actions (login required)

View Item View Item