Penerapan strategi reading aloud untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada pembelajaran al-Qur’an hadits materi pokok surat al-‘Alaq di kelas V MI Sabilul Huda Galiran Baleadi

Siswoyo, Siswoyo (2011) Penerapan strategi reading aloud untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada pembelajaran al-Qur’an hadits materi pokok surat al-‘Alaq di kelas V MI Sabilul Huda Galiran Baleadi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 093111408-cover.pdf]
Preview
Text
093111408-cover.pdf - Accepted Version

Download (642kB) | Preview
[thumbnail of 093111408-BAB I.pdf]
Preview
Text
093111408-BAB I.pdf - Accepted Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 093111408-BAB 2.pdf]
Preview
Text
093111408-BAB 2.pdf - Accepted Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 093111408-BAB 3.pdf]
Preview
Text
093111408-BAB 3.pdf - Accepted Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 093111408-BAB 4.pdf]
Preview
Text
093111408-BAB 4.pdf - Accepted Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 093111408-BAB 5.pdf]
Preview
Text
093111408-BAB 5.pdf - Accepted Version

Download (13kB) | Preview
[thumbnail of 093111408-Bibliografi.pdf]
Preview
Text
093111408-Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (12kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh cara mengajar Al-Qur’an di kelas V MI Sabilul Huda Galiran Baleadi Sukolilo Pat hanya menerangkan saja sehingga tidak melibatkan banyak keaktifan peserta didik dan mereka hanya menghafal dan mencatat setiap keterangan dari guru. Salah satunya yang bisa dikembangkan untuk mewujudkan pembelajaran aktif adalah Reading aloud (membaca dengan keras). Strategi ini adalah sebuah strategi ini dapat membantu peserta didik dalam berkonsentrasi, mengajukan pertanyaan, dan menggugah diskusi.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana penerapan strategi reading aloud pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits materi pokok surat al-‘Alaq di kelas V MI Sabilul Huda Galiran Baleadi Sukolilo Pati? 2) Adakah peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits materi surat al-‘Alaq melalui strategi reading aloud di kelas V MI Sabilul Huda Galiran Baleadi Sukolilo Pati?.
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan strategi reading aloud pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits materi pokok surat al-‘alaq di kelas V MI Sabilul Huda Galiran Baleadi Sukolilo Pati dilakuan dengan memberikan potongan ayat surat al-‘alaq untuk di baca oleh siswa atau kelompok siswa di depan, pada saat siswa membaca guru menghentikan untuk menjelaskan maksud dan bacann bacaan tersebut atao menyakan kepada siswa atau kelompok untuk dijawab, kemudian guru melakukan tes kemampuan membaca secara pribadi, kegiatan diakhiri dengan do’a bersama dan salam. 2) Peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits materi surat al-‘alaq melalui strategi reading aloud di kelas V MI Sabilul Huda Galiran Baleadi Sukolilo Pati dapat di lihat dari kenaikan nilai kemampuan membaca siswa pada pra siklus tingkat ketutasannya ada 14 siswa atau 47% naik menjadi 20 siswa atau 66% pada siklus I, naik lagi pada siklus II menjadi 26 siswa atau 86%. Kenaikan juga terjadi pada kaetifan siswa dalam pembelajaran yaitu dimana pada pra siklus ada 6 siswa atau 38% naik menjadi 19 siswa atau 63% pada siklus I dan pada siklus II sudah menapai 25 siswa atau 84%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran; Reading Aloud; Baca Tulis al-Qur’an
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 07 Jul 2014 07:51
Last Modified: 07 Jul 2014 07:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2491

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics