Upaya peningkatan prestasi belajar pada pembelajaran bahasa Arab materi pokok التعارف siswa kelas IV MI Qodiriyah Harjowinangun Dempet Demak dengan menggunakan metode tutor sebaya

Sunipan, Sunipan (2011) Upaya peningkatan prestasi belajar pada pembelajaran bahasa Arab materi pokok التعارف siswa kelas IV MI Qodiriyah Harjowinangun Dempet Demak dengan menggunakan metode tutor sebaya. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093111410-COVER DLL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111410-bab1.pdf - Accepted Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111410-bab2.pdf - Accepted Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111410-bab3.pdf - Accepted Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111410-bab4.pdf - Accepted Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111410-bab5.pdf - Accepted Version

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111410-bibliografi.pdf - Bibliography

Download (13kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini di latarbelakangi oleh kelas IV MI Qodiriyah Harjowinangun Dempet Demak pada proses pembelajaran bahasa arab masih menggunakan metode klasik seperti ceramah dan tanya jawab juga hafalan dalam materi yang di ajarkan, sehingga siswa menjadi pasif dalam setiap proses pembelajaran. prestasi itu dari tahun ke tahun hanya pada kisaran 5,6 sampai 5,7, Oleh karena itu, diperlukan penerapan metode pembelajaran yang sesuai, karena penerapan metode yang tepat akan dapat mengantarkan keberhasilan yang sangat optimal. Dalam hal ini, metode yang bisa diterapkan di kelas IV MI Qodiriyah Harjowinangun Dempet Demak adalah tutor sebaya. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan, apakah penggunaan metode tutor sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar pada pembelajaran bahasan arab materi pokok التعارف dengan di kelas IV MI Qodiriyah Harjowinangun Dempet Demak. Permasalahan tersebut di bahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi dikelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan persiklus. Kajian ini menunjukkan bahwa peningkatan prestasi belajar pada pembelajaran bahasan arab materi pokok التعارف dengan di kelas IV MI Qodiriyah Harjowinangun Dempet Demak setelah menggunakan metode tutor sebaya dapat di lihat dari penignkatan hasil belajar per siklus dimana pada pra siklus tingkat ketuntasannya 19 siswa atau 54,3% naik pada siklus I menjadi 24 siswa atau 68,6%, naik lagi pada siklus II menjadi 31 siswa atau 88,6%. Sedangkan proses keaktifan siswa juga menglami kenaikan yaitu pada kategori Siswa mendengarkan dengan seksama penjelasan guru pada siklus I ada 23 siswa (25,7) meningkat pada siklus II menjadi 27 siswa (77,1%). Kategori Siswa aktif dalam pelaksanaan tutor sebaya pada siklus I ada 27 siswa (77,1), meningkat pada siklus II menjadi 31 siswa (88,6%). Kategori Siswa aktif dalam mengomentari hasil presentasi teman pada siklus I ada 17 siswa (48,6%) meningkat menjadi 24 siswa (68,6%) pada siklus II, dan terakhir pada kategori Siswa aktif dalam membuat kesimpulan pada siklus I ada 25 siswa (71,4%). Meningkat menjadi 30 siswa (85,7%) pada siklus II%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar; Bahasa Arab; Metode Pembelajaran; Tutor Sebaya
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 07 Jul 2014 07:52
Last Modified: 07 Jul 2014 07:52
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2492

Actions (login required)

View Item View Item