Model pembiasaan dalam pembentukan akhlak al-karimah siswa kelas V di MI Darul Ulum Pedurungan Semarang

Aslikatun, Aslikatun (2011) Model pembiasaan dalam pembentukan akhlak al-karimah siswa kelas V di MI Darul Ulum Pedurungan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
73111224_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111224_bab1.pdf - Accepted Version

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111224_bab2.pdf - Accepted Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111224_bab3.pdf - Accepted Version

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111224_bab4.pdf - Accepted Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111224_bab5.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111224_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (12kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari peneliti ini, yaitu: 1) Untuk mengetahui model pembiasaan dalam pembentukan akhlak al-karimah siswa kelas V di MI Darul Ulum Pedurungan Semarang. 2) Untuk mengetahui Problematika yang dihadapi dalam menerapkan model pembiasaan dalam pembentukan akhlak al-karimah siswa kelas V di MI Darul Ulum Pedurungan Semarang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu pendekatan penelitian yang dimaksudkan untuk menjelaskan fenomena atau karakteristik individu, situasi atau kelompok tertentu secara akurat setelah data terkumpul lalu dianalisis dengan menggunakan analisis data yang terdiri dari tahapan pengumpulan data, reduksi data, display data dan penyajian data, data yang terkumpul semata-mata bersifat deskriptif dimana analisis datanya dilakukan secara induktif.. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Pembentukan akhlak al-karimah siswa kelas V di MI Darul Ulum Pedurungan Semarang dilakukan dalam beberapa bentuk pembiasaan, akhlak kepada Allah SWT meliputi shalat berjamaah dhuhur, doa bersama dan asmaul husna, membaca al-Quran, berdo’a sebelum dan sesudah pelajaran. Pembiasaan akhlak kepada sesama manusia meliputi membiasakan melaksanakan hal-hal yang positif untuk berbuat kebaikan, beramal saleh, bertingkah laku sopan, melaksanakan 4S yaitu senyum, salam sopan dan santun kepada sesama teman, guru dan semua yang terlibat dalam kehidupan siswa baik di sekolah, rumah maupun masyarakat. Pembiasaan akhlak terhadap diri sendiri meliputi mentaati peraturan sekolah, tanggung jawab. Dan akhlak terhadap lingkungan seperti menjaga kelestarian hidup di sekitar sekolah, membuang sampah pada tempatnya. 2) Problematika yang dihadapi dalam menerapkan pembiasaan dalam pembentukan akhlak al-karimah siswa kelas V di MI Darul Ulum Pedurungan Semarang berkisar pada pemantauan terhadap perilaku siswa, obyektivitas penilaian dan kurang mendukungnya wali murid terhadap pembiasaan akhlakul karimah. Adapaun solusi yang bisa dilakukan adalah dengan memantau ketaatan siswa terutama dalam mematuhi tata tertib. Guru perlu membuat suatu bentuk perencanaan penilaian secara jelas yang dapat digunakan dalam penilaian praktek-praktek perilaku yang dilaksanakan oleh siswa dan mengajak orang tua atau wali murid untuk mendukung program pembiasaan akhlakul karimah yang dicanangkan sekolah dengan menjadi suri tauladan bagi anaknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Akhlak al-Karimah; Pendidikan Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 17 Jul 2014 01:14
Last Modified: 17 Jul 2014 01:14
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2508

Actions (login required)

View Item View Item