Upaya meningkatkan prestasi belajar peserta didik dengan penerapan kombinasi metode ceramah dan index card match dalam pembelajaran fiqih(studi tindakan kelas III MI Al-hikmah Polaman Mijen semarang semester gasal tahun 2010/2011).

Kumaisaroh, Kumaisaroh (2011) Upaya meningkatkan prestasi belajar peserta didik dengan penerapan kombinasi metode ceramah dan index card match dalam pembelajaran fiqih(studi tindakan kelas III MI Al-hikmah Polaman Mijen semarang semester gasal tahun 2010/2011). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
73111255_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (823kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111255_bab1.pdf - Accepted Version

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111255_bab2.pdf - Accepted Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111255_bab3.pdf - Accepted Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111255_bab4.pdf - Accepted Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111255_bab5.pdf - Accepted Version

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111255_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (10kB) | Preview

Abstract

Tujuan yang menjadi kajian peneliti, yaitu: 1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan kombinasi metode ceramah dan index card match dalam pembelajaran fiqih dikelas III MI Al-hikmah Polaman Mijen Semarang. 2) Untuk mengetahui sejauh mana penerapan kombinasi metode ceramah dan index card match dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran fiqih dikelas III MI Al-hikmah Polaman Mijen Semarang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi di kelas III MI Al-Hikmah Polaman Mijen Semarang dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan persiklus. Hasil penelitian menunjukkan pada pra siklus dalam pembelajaran fiqih dengan materi menjelaskan ketentuan shalat sunnah rawatib, prosentase rata-rata nilai ulangan harian yaitu 48 dan prosentasenya 13,3 % masih dibawah KKM. Dan pada siklus I rata-rata nilai ulangan harian peserta didik mencapai 57,7 prosentasenya 33,3 % sedangkan pada siklus II nilai ualangan harian peserta didik mengalami peningkatan yaitu 75,5 dan prosentasenya 87 %. Data tersebut telah menunjukkan bahwa ada peningkatan prestasi belajar siswa kelas III setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan kombinasi metode ceramah dan index card match yang dibuktikan dengan adanya peningkatan keaktifan siswa ketika peserta diberi kesempatan untuk bertanya dan pada saat permainan kartu tanya jawab dimulai peserta didik terlihat aktif mencari pasangan kartu-kartu tersebut yang berisikan pertanyaan dan jawaban tentang materi yang baru dipelajari. Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat digunakan sebagai bahan informasi tambahan bagi guru dalam melakukan perbaikan pembelajaran di kelas III MI Al-Hikmah Polaman Mijen Semarang kepada siswa sebagai upaya meningkatkan prestasi belajarnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Metode Ceramah; Index Card Match; Prestasi Belajar; Fiqih
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 17 Jul 2014 03:15
Last Modified: 17 Jul 2014 03:15
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2521

Actions (login required)

View Item View Item