Pesan dakwah dalam syair album qosidah modern Kidung Walisongo

Fauzi, Ahsan (2010) Pesan dakwah dalam syair album qosidah modern Kidung Walisongo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
1104075_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (775kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104075_Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104075_Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104075_Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104075_Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104075_Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104075_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (25kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan analisis isi (content analysis). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pesan-pesan yang terkandung dalam syair album qosidah modern Kidung Walisongo. Dalam album qosidah modern Kidung Walisongo terdapat 10 lagu, yakni: Ya Badratim, Shalatum Minallah, Mampir Ngombe, Ya Muhaimin, Ilahana, Jangan Berlebihan, Sifat Wajib, Ya Sayyidi, Ya Rasulallah dan Telaga Keteduhan. Album ini dirilis oleh civitas akademika IAIN Walisongo Semarang bekerja sama dengan Elang Emas Record serta dilounchingkan bersamaan Dies Natalis IAIN Walisongo Semarang yang ke-35 pada tahun 2005. Setelah penulis melakukan penelitian tersebut, terlihat dengan jelas bahwa data-data yang terdapat dalam syair album qosidah modern Kidung Walisongo terdapat pesan-pesan dakwahnya, yaitu berisi tentang masalah aqidah, syari’ah dan akhlak. Sebagai salah satu media atau alat komunikasi yang dapat dimanfaatkan kegunaanya untuk kelangsungan proses dakwah islamiyah kepada seluruh masyarakat sebagai pendengar. Kemudian dari data-data tersebut menghasilkan suatu kesimpulan bahasan bahwa materi dakwah dalam syair album qosidah modern Kidung Walisongo meliputi 3 kategori, yaitu: (a) Manajemen Qolbu, merupakan salah satu kategori yang harus disampaikan dalam menyampaikan materi dakwah. Secara umum manajemen qolbu dapat diartikan pengkondisian yang berdasarkan keyakinan atau aqidah yang berkaitan dengan karakter manusia. Dengan kata lain, manajemen qolbu sama dengan akhlak. (b) Kesalehan individu, menyangkut materi yang berkaitan dengan ketaatan seseorang hamba dalam melaksanakan lima rukun Islam dan keyakinan pada rukun Iman. Kesalehan Individu mengatur urusan keimanan hamba kepada Tuhan-Nya. Sehingga Kesalehan Individu disebut juga dengan Aqidah. (c) Kesalehan sosial biasa dikatakan dengan materi syari’ah, karena mengatur hubungan seseorang dengan orang lain dalam masyarakat.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Dakwah; Materi Dakwah; Qasidah Modern; Dakwah dan Seni
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Additional Information: Pembimbing: Drs. Najahan Musyafak, MA.; M. Alfandi, M. Ag.
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 11 Dec 2014 01:10
Last Modified: 11 Dec 2014 01:10
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2933

Actions (login required)

View Item View Item