Studi Manajemen Kelas di TK Alam Ungaran Semarang

Sofiyatun, Sofiyatun (2013) Studi Manajemen Kelas di TK Alam Ungaran Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
063311040_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
063311040_bab1.pdf - Accepted Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
063311040_bab2.pdf - Accepted Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
063311040_bab3.pdf - Accepted Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
063311040_bab4.pdf - Accepted Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
063311040_bab5.pdf - Accepted Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
063311040_bibilio.pdf - Bibliography

Download (98kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan yaitu reduksi data, kemudian disajikan dan terakhir diverifikasi untuk menguji kebenaran yang ada. Temuan penelitian ini yaitu meliputi: (1) Manajemen kelas yang ada di TK Alam Ungaran pada pembelajaran indoor dan outdoor meliputi dua hal: Pertama, pengaturan siswa dilakukan dengan pengorganisasian siswa, penugasan siswa, seperti pengerjaan LK, menulis, mewarnai, pembimbingan, kedisiplinan siswa dan raport dan kenaikan kelas. Kedua, pengaturan fasilitas, dengan kelas berupa saung dan model semi terbuka, pembelajaran dilaksanakan secara lesehan, pengaturan alat-alat pengajaran, penataan keindahan dan kebersihan, ruang kelas, pengontrolan ventilasi dan tata cahaya. Ketika pembelajaran di luar kelas guru memanfaatkan fasilitas, yang ada di lingkungan sekolah seperti area bermain, berkebun, outbond, kolam pasir, dan alat-alat permainan edukatif seperti balok kayu. (2) Missbehaviour yang terjadi di TK Alam Ungaran pada saat proses belajar adalah anak sering membuat keributan ketika kegiatan belajar berlangsung, anak acuh pada guru pengajar, saat sering bertengkar, dan anak telat datang ke sekolah dan anak sering melanggar tata tertib sekolah itu yang menyebabkan pembelajaran tidak kondusif. (3) Mengatasi masalah misbehavior dalam proses pembelajaran, guru di TK Alam selalu mempunyai strategi agar dapat mengenal dan dapat mengidentifikasi keadaan anak didik, untuk menangani anak yang bermasalah dan bagaimana mendorong anak untuk bersikap disiplin. Bagi anak yang melanggar guru memberikan punishment yang tepat, guru selalu mengobservasi dan memantau perkembangan anak didik tersebut dan guru TK Alam Ungaran selalu meningkatkan kerjasama, antara guru sekolah, orangtua dan masyarakat dalam melakukan pengawasan terhadap siswa-siswanya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kelas; Taman Kanak-kanak
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Additional Information: Pembimbing : Dr. Fahrurrozi, M.Ag; Ismail SM, M.Ag
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 11 Dec 2014 06:36
Last Modified: 11 Dec 2014 06:36
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2940

Actions (login required)

View Item View Item