Efektifitas penggunaan strategi Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar peserta didik kelas V pada materi pokok Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan di MI NU 05 Taman Gede Gemuh Kendal tahun pelajaran 2013/2014

Muqorrobin, M. Khoirul (2014) Efektifitas penggunaan strategi Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar peserta didik kelas V pada materi pokok Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan di MI NU 05 Taman Gede Gemuh Kendal tahun pelajaran 2013/2014. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
083911036_coverdll.pdf - Cover Image

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911036_bab1.pdf - Accepted Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911036_bab2.pdf - Accepted Version

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911036_bab3.pdf - Accepted Version

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911036_bab4.pdf - Accepted Version

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911036_bab5.pdf - Accepted Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911036_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (78kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan strategi Group Investigation (GI) efektif dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) peserta didik kelas V pada materi pokok perjuangan mempertahankan kemerdekaan di MI NU 05 Taman Gede. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di MI NU 05 Taman Gede. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V yang terbagi menjadi dua kelas dengan jumlah peserta didik 80, karena jumlah populasi kurang dari 100, maka seluruh populasi dijadikan sampel, dengan kelas V A yang terdiri dari 40 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas V B yang terdiri dari 40 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan metode tes. Sebelum diberi perlakuan kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas dan homogenitas dengan menggunakan nilai ulangan harian sebelumnya. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan strategi Group Investigation (GI) dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Setelah data hasil belajar dari perlakuan yang berbeda didapat, maka dilakukan prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikan = 5% diperoleh thitung = 3,481, sedangkan t table =1,66 Karena thitung > t table maka berarti rata-rata hasil belajar peserta didik yang diberikan pengajaran dengan strategi Group Investigation (GI) lebih baik daripada peserta didik yang diberikan pengajaran dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 71,100 dan kelompok kontrol =64,800, sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi Group Investigation (GI) efektif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) materi pokok perjuangan mempertahankan kemerdekaan kelas V semester genap MI NU 05 Taman Gede Tahun Pelajaran 2013/2014. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 71,100 dan kelompok kontrol = 64,800. Selain itu besarnya nilai signifikan penggunaan strategi Group Investigation (GI) adalah 14,9 %.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Group Investigation (GI) ; Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
900 Geography and history > 907 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Abdul Wahid, M.Ag ; H. Mursid, M.Ag
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 16 Dec 2014 04:51
Last Modified: 27 Feb 2015 02:24
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3011

Actions (login required)

View Item View Item