Efektivitas strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar Biologi pada materi pokok virus kelas X MA Sunniyyah Selo Grobogan

Astohar, Astohar (2010) Efektivitas strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar Biologi pada materi pokok virus kelas X MA Sunniyyah Selo Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 3105134_Coverdll.pdf]
Preview
Text
3105134_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (320kB) | Preview
[thumbnail of 3105134_Bab1.pdf]
Preview
Text
3105134_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (22kB) | Preview
[thumbnail of 3105134_Bab2.pdf]
Preview
Text
3105134_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (538kB) | Preview
[thumbnail of 3105134_Bab3.pdf]
Preview
Text
3105134_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of 3105134_Bab4.pdf]
Preview
Text
3105134_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 3105134_Bab5.pdf]
Preview
Text
3105134_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (26kB) | Preview
[thumbnail of 3105134_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
3105134_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui bagaimana proses penerapan strategi pembelajaran TTW (Think Talk Write). (2) Dampak seberapa jauh penggunaan strategi pembelajaran TTW (Think Talk Write) terhadap hasil belajar Biologi materi pokok Virus pada siswa kelas X MA Sunniiyyah Selo.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang diterapkan pada peserta didik kelas X semester 1 MA Sunniyyah Selo mata pelajaran Biologi pada materi pokok Virus. Adapun jumlah siswa yang diteliti sebanyak dua kelas, satu kelas untuk eksperimen sebanyak 43 siswa dan satu kelas sebagai pembanding (kontrol) sebanak 43 siswa. Dari hasil pengamatan, banyak siswa yang kesulitan dalam memahami bagaimana psoses tahapan yang terjadi pada reproduksi virus dan cara penularan virus dari penderita ke oran lain, hal ini disebabkan peserta didik kurang mengembangkan penalarannya dengan maksimal. Untuk mengatasi kesulitan tersebut, dapat diperbaiki dengan cara menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai dan tepat, yaitu strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan mengembangkan penalaran peserta didik, salah satu strategi yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah strategi Think Talk Write (TTW). Strategi Think Talk Write (TTW) adalah strategi pembelajaran yang mengajak peserta didik untuk aktif dalam berpikir (Think), aktif mengemukakan hasil pemikirannya dalam bentuk diskusi atau media yang lain (Talk) serta mampu menyelesaikan hasil pemikiran dan pemaparannya dalam bentuk tulisan (Write). Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai yang dicapai oleh peserta didik pada kelas eksperimen adalah 69,28 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 37. Sedangkan nilai rata-rata siswa kelas kontrol adalah 58,98 dengan jumlah siswa 19.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran think, talk, write (TTW) lebih efektif dari pada model pembelajaran yang bukan menggunakan straegi TTW pada siswa kelas X MA Sunniyyah Selo kabupaten Grobogan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran; Biologi; Think Talk Write (TTW)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 31 Dec 2014 09:17
Last Modified: 24 May 2021 04:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3196

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics