Studi analisis pemikiran Jalaludin Rahmat tentang social engineering dan relevansinya dengan tujuan pendidikan Islam

Syarofi, Tajus (2010) Studi analisis pemikiran Jalaludin Rahmat tentang social engineering dan relevansinya dengan tujuan pendidikan Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
3105381_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105381_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105381_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105381_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105381_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105381_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105381_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (18kB) | Preview

Abstract

Dalam Penelitian penulisan skripsi ini menggunakan pendekatan tekstual, suatu upaya memahami bagaimana pemikiran Jalaluddin Rahmat. Pendekatan historis faktual yang berkaitan dengan pemikiran tokoh. Yaitu dengan menggunakan jenis penelitian kepustakaan (research library). Dalam melakukan pengolahan data yang berkaitan dengan fokus pemikiran Jalaluddin Rahamat tentang social engineering, penyusun menggunakan tahapan-tahapan sebagai berikut : Deskripsi ,Interpretasi, Analisis. Penelitian ini bertujuan untuk penenlusuran: 1) Pemikiran Social Engineering Jalaluddin Rahmat, 2) Relevansi antara pemikiran Jalaluddin Rahmat tentang Social Engineering dan relevansinya dengan tujuan pendidikan islam. Penelitian ini menggunakan metode penenlusuran kepustakaan “reseach library”, baik melalui buku-buku pokok maupun pendukung. Adapun data yang terkumpul di dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif, deduktif –induktif, serta “intellectual biography”. Pendekatan yang digunakan adalah dengan metode pendekatan histories –phenomenologis. Penelitian ini menunjukan bahwa: 1. Pemikiran Jalaluddin Rahmat sedikit banyak dipengaruhi oleh tokoh sosiologi klasik yaitu Max Weber dan tokoh pendidikan progresif John Dewey. Yang mengatakan bahwa untuk melakukan suatu perubahan sosial harus dimulai dari perubahan paradigma berfikir 2. Pendidikan merupakan salah satu saluran terpenting dalam melakukan Perubahan sosial. 3. Gerakan pemikiran Jalaluddin Rahmat banyak berperan dalam konteks dialektika sosial melalui social engineering sebagai social movement yang terencana secara matang, melalui lembaga social salah satunya adalah lembaga pendidikan. Berdasarkan dari hasil penelitian inilah diharapkan akan menjadi bahan informasi yang utuh serta masukan bagi semua pihak terutama pemerhati dan pemegang kebijakan dalam pendidikan secara umum, baik praktisi maupun kepala sekolah dan staff pengajar pendidikan Islam. Diharapkan kepada pemegang kebijakan pendidikan agar senantiasa mengejewantahkan nilai dasar pancasila dan UUD 45 untuk melakukan perlakuan yang sama terhadap masyarakat yang mempunyai hak mendapatkan pendidikan yang sama. Sehingga dengan deikian hakikat pendidikan sebagai ikhtiar memanusiakan manusia akan tercapai.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Social Engineering; Pemberdayaan Masyarakat; Pendidikan Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing: Drs. Wahyudi, M. Pd.; Syamsul Ma’arif, M. Ag.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 05 Jan 2015 05:46
Last Modified: 05 Jan 2015 05:46
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3220

Actions (login required)

View Item View Item