Upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam Dinasti Al-Ayyubiyah melalui metode STAD di MTs Darul Ulum (studi tindakan kelas di MTs Darul Ulum kelas VIII A desa Bulusari kecamatan Sayung kabupaten Demak)

Zaid, Muhammad Abu (2010) Upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam Dinasti Al-Ayyubiyah melalui metode STAD di MTs Darul Ulum (studi tindakan kelas di MTs Darul Ulum kelas VIII A desa Bulusari kecamatan Sayung kabupaten Demak). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
3105128_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105128_Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105128_Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105128_Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105128_Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105128_Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105128_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (9kB) | Preview

Abstract

Belajar merupakan suatu proses yang melibatkan berbagai unsur dan kondisi, maka keberhasilan tentunya tidak hanya tergantung pada satu intelegensi saja, melainkan juga harus ditunjang oleh faktor-faktor lain, berasal dari luar diri seseorang, diantaranya adalah guru, guru mempengaruhi terhadap keberhasilan siswa, karena guru adalah orang yang berperan mendorong, merangsang dan membimbing aktivitas siswa, banyak terjadi pada siswa-siswa yang semestinya mempunyai intelektual tinggi, namun mereka mengalami kegagalan dalam studinya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) menggunakan teknik analisis kualitatif yang dilakukan terhadap kelas VIII A Darul Ulum Bulusari Sayung Demak, Sebagai upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar sejarah kebudayaan Islam melalui metode STAD (Student Team Achievement Division) dalam proses pembelajaran. Untuk itu, tujuan digunakannya metode STAD(Student Team Achievement Division) adalah 1) meningkatkan prestasi belajar peserta didik. 2) memudahkan guru untuk melakukan transfer of knowing. Melalui observasi sebagai instrument penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode STAD (Student Team Achievement Division) dalam mencapai tujuan pembelajaran mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai hasil belajar pra siklus sebanyak 69,42. Setelah melakukan observasi, pada tahap siklus I rata-rata nilai hasil belajar 68,57, pada siklus II meningkat menjadi 70 Selanjutnya pada siklus III meningkat lagi menjadi 73,14 dengan KKM sebesar 65 sesuai indikator ketercapaian yang ditetapkan. Upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar sejarah kebudayaan Islam pada materi Dinasti Al-Ayyubiyah mengalami peningkatan yang signifikan. Karena dengan menggunakan pendekatan ini, proses pembelajaran bisa berlangsung lebih interaktif, antara siswa dengan guru. Berdasarkan hasil ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para sivitas akademika, para mahasiswa, para tenaga pengajar mata kuliah jurusan dan program studi di Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang terutama dalam memberi dorongan kepada mahasiswa agar senantiasa meningkatkan motivasi berprestasi secara memadai.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar; Sejarah Kebudayaan Islam; Metode Pembelajaran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.6 Islamic history
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing: Ahmad Muthohar. M.Ag.; Hj.Lift Anis Ma'shumah, M.Ag.
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 07 Jan 2015 08:50
Last Modified: 07 Jan 2015 08:50
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3262

Actions (login required)

View Item View Item