Peningkatan hasil belajar kimia materi pokok ikatan kimia melalui pembelajaran kontekstual dengan metode kerja kelompok (penelitian tindakan kelas pada siswa kelas X tahun ajaran 2009/2010 di Madrasah Aliyah Fathul Ulum Gabus Grobogan)

Mufid, Achmad (2010) Peningkatan hasil belajar kimia materi pokok ikatan kimia melalui pembelajaran kontekstual dengan metode kerja kelompok (penelitian tindakan kelas pada siswa kelas X tahun ajaran 2009/2010 di Madrasah Aliyah Fathul Ulum Gabus Grobogan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
3105357_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105357_Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105357_Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105357_Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105357_Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105357_Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105357_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (13kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu: apakah pembelajaran kontekstual dengan metode kerja kelompok dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa klas X MA Fathul Ulum Gabus Grobogan? Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X setelah diterapkan pembelajaran kontekstual dengan metode kerja kelompok materi pokok ikatan kimia semester gasal MA Fathul Ulum Tahun Ajaran 2009/2010. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas X MA Fathul Ulum Gabus Grobogan pada semester ganjil tahun pelajaran 2009/2010 dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang. Prosedur penelitian terdiri dari 4 tahap di setiap siklusnya, yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Proses pembelajaran kimia dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kontekstual dengan metode kerja kelompok. Indikator hasil belajar pada penelitian ini berupa tercapainya ketuntasan belajar secara individual maupun klasikal. Dalam penelitian ini, cara ataupun metode pengumpulan datanya berupa, metode observasi, dokumentasi, serta metode tes. Sedangkan metode analisanya menggunakan pendekatan kontekstual dengan metode kerja kelompok penelitian ini peneliti menggunakan satu kelas sebagai subjek penelitian untuk menerapkan pembelajaran kontekstual dengan metode kerja kelompok yang jumlahnya 40 siswa. Setelah dilaksanakan tindakan pembelajaran kontekstual dengan metode kerja kelompok, suasana pembelajaran di kelas menjadi aktif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tahap siklus I dan siklus II. Suatu kelas dikatakan tuntas belajar bila kelas tersebut telah terdapat 30 siswa dari jumlah siswa yaitu 40 yang memperoleh nilai 65 atau memenuhi nilai KKM yaitu 65, dan rata–rata hasil belajar ≥ 70, Pembelajaran siswa dikatakan berhasil jika keaktifan siswa memperoleh prosentase ≥ 71 %, Kemampuan guru dalam pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan model pembelajaran kontekstual dengan menggunakan metode kerja kelompok dikatakan berhasil jika kemampuan guru memperoleh prosentase ≥ 71 %. Pada siklus I nilai tertinggi 96 dan terendah 46 Rata-rata kelas pada siklus I 67 dan, pada siklus I keaktifan siswa sebesar 65%. Kinerja guru pada siklus I memperoleh nilai 62%. Dilihat dari indikator keberhasilan, siklus I kurang berhasil dan perlu perbaikan pada siklus II. Pada siklus nilai tertingi 96 dan terendah 56, rata-rata kelas pada siklus II 73. Sedangkan keaktifan siswa sebesar 86 % dan kinerja guru sebesar 84 %. Maka pada siklus II sudah berhasil. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran melalui pendekatan kontekstual dengan metode kerja kelompok, ini dapat dilihat dari keaktifan siswa, kinerja guru, rata-rata nilai siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini di harapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi upaya peningkatan mutu pembelajaran yang dilaksanakan guru maupun lembaga yang bersangkutan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Hasil Belajar; Kimia; Pembelajaran Kontekstual
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Kimia
Additional Information: Pembimbing: Ratih Rizqi Nirwana, M.Pd.; Isma’il SM, M.Ag.
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 21 Jan 2015 05:21
Last Modified: 21 Jan 2015 05:21
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3352

Actions (login required)

View Item View Item