Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode pemberian tugas pada mata pelajaran fisika materi pokok usaha dan energi kelas VIII C semester 2 MTs Miftahussalam 1 Demak tahun ajaran 2009/2010

Rohman, Hadi (2010) Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode pemberian tugas pada mata pelajaran fisika materi pokok usaha dan energi kelas VIII C semester 2 MTs Miftahussalam 1 Demak tahun ajaran 2009/2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
3105395_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105395_Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105395_Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105395_Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105395_Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105395_Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105395_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (14kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran fisika pada umumnya masih didominasi guru yang menggunakan metode ceramah dan kurang melibatkan aktivitas peserta didik dalam melakukan kerja ilmiah, akibatnya hasil belajar peserta didik masih rendah dan kegiatan belajar peserta didik pun belum menyentuh aspek afektif. Guru perlu mencari inovasi strategi belajar mengajar yang melibatkan peserta didik dalam pembelajaran untuk mencapai hasil belajar yang baik dan dapat mengembangkan keaktifan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode pemberian tugas pada pembelajaran materi pokok usaha dan energi peserta didik kelas VIII C semester 2 MTs Miftahussalam 1 Demak tahun ajaran 2009-2010. Tiap siklusnya meliputi 4 tahap yakni, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Faktor yang diteliti adalah hasil belajar peserta didik (kognitif, afektif). Data hasil belajar kognitif diambil dari nilai tes setiap akhir siklus. Data hasil belajar afektif diperoleh dari lembar observasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah nilai rata-rata kelas sebesar 60 dari nilai KKM dan persentase ketuntasan belajar klasikal 75%. Dari hasil penelitian, hasil belajar kognitif peserta didik untuk nilai pra sikus masih dibawah rata-rata yaitu 59,12 dengan presentase ketuntasan 55,00%. Pada siklus I, nilai tes rerata 57,80 dengan presentase ketuntasan 67,50%. Pada siklus II, nilai tes rerata 70,00 dengan presentase ketuntasan 87,50%. Hasil belajar afektif pada siklus I, diketahui nilai rata-rata 57,97. Pada siklus II, nilai nilai rata-rata 84,06. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pemberian tugas dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII C MTs Miftahussalan 1 Demak tahun ajaran 2009/2010. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari kenaikan nilai rerata dan ketuntasan belajar dari satu siklus ke siklus berikutnya. Diharapkan dengan menggunakan metode pemberian dalam pembelajaran físika dapat membantu peserta didik mengembangkan kemampuan berpikir dan memecahkan masalah melalui pelibatan dengan pengalaman nyata sehingga hasil belajar peserta didik bisa lebih optimal. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan Menggunakan Metode Pemberian Tugas dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII C semester 2 MTs Miftahussalam 1 Demak Tahun Pelajaran 2009-2010 pada materi pokok usaha dan energi. Kata Kunci: Pemberian Tugas, Hasil belajar

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Metode Pembelajaran; Pemberian Tugas; Fisika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Kimia
Additional Information: Pembimbing: Wenty Dwi Yuniarti, S.Pd., M.Kom.; Dra. Muntholi’ah, M.Pd.
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 22 Jan 2015 09:24
Last Modified: 22 Jan 2015 09:24
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3362

Actions (login required)

View Item View Item