Studi komparasi hasil belajar materi minyak bumi antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran numbered heads together (NHT) dan think pair share (TPS) kelas X semester II MA Futuhiyah 2 Mranggen tahun ajaran 2009/2010

Miswaroh, Nafisatun (2010) Studi komparasi hasil belajar materi minyak bumi antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran numbered heads together (NHT) dan think pair share (TPS) kelas X semester II MA Futuhiyah 2 Mranggen tahun ajaran 2009/2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
05371140_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05371140_Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05371140_Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05371140_Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05371140_Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05371140_Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05371140_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (17kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan rata-rata hasil belajar kimia materi minyak bumi antara peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran NHT dengan peserta didik yang diajar dengan menggunakan TPS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dan penelitian lapangan. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MA Futuhiyyah 2 Mranggen semester 2 tahun ajaran 2009/2010 yang terdiri dari 5 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelompok eksperimen I (NHT) dari kelas X-D sebanyak 44 peserta didik dan kelompok eksperimen II (TPS) dari kelas X-E sebanyak 41 peserta dididk . Jadi banyaknya peserta didik adalah 85 peserta didik diperoleh dengan cara cluster randem sampling cara undian. Data dikumpulkan dengan cara metode pretes dan postes, metode pretes (data awal) pada materi minyak bumi digunakan untuk uji kesetimbangan. Sedangkan metode postes (data akhir) untuk mengumpulkan data hasil belajar kimia materi minyak bumi kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II, data yang terkumpul di analisis statistik uji perbedaan rata-rata kelas elsperimen I (NHT) dan kelas eksperimen II (TPS) dengan analisis uji t-tes dua pihak. Berdasarkan hasil penelitian bahwa: rata-rata hasil belajar kimia pada materi minyak bumi dikelas X MA Futuhiyyah 2 Mranggen antara peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model NHT adalah sebesar 65,086 sedang rata-rata hasil belajar peserta didik yang model pembelajarannya menggunakan model TPS adalah sebesar 72,366. Dari uji perbedaan rata-rata dengan menggunakan uji t-test dihasilkan thitung sebesar 2,989 dan ttabel sebesar 1,99 taraf signifikan 5%, maka thitung > ttabel maka dapat disimpulkan rata-rata hasil belajar antara kelas eksperimen I (NHT) dan eksperimen II (TPS) berbeda secara nyata,dengan demikian dapat dikatakan model pembelajaran TPS lebih baik dari pada model pembelajaran NHT pada mata pelajaran kimia materi minyak bumi pada peserta didik kelas X MA futuhiyyah 2 Mranggen. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan memberikan pengalaman kepada peserta didik untuk dapat penerapkan model pembelajaran TPS pada materi minyak bumi serta pendidik dapat termotivasi untuk menciptakan suasana belajar yang mampu membuat peserta didik lebih aktif dengan menerapkan TPS dalam pembelajaran kimia untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dan diharapkan juga pada materi-materi yang lain.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Metode Pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 550 Earth sciences > 553 Economic geology
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Kimia
Additional Information: Pembimbing: Atik Rahmawati, M.Si.; Dr Hamdani Mu'in, M.Ag.
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 23 Jan 2015 07:32
Last Modified: 23 Jan 2015 07:32
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3371

Actions (login required)

View Item View Item