Upaya strategis dalam meningkatkan layanan bimbingan konseling di MTs NU Nurul Huda Semarang

Filasofa, Lilif Muallifatul Khorida (2010) Upaya strategis dalam meningkatkan layanan bimbingan konseling di MTs NU Nurul Huda Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
63311032_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63311032_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63311032_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63311032_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63311032_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63311032_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63311032_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (34kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui kondisi awal pelaksanaan layanan bimbingan konseling di MTs NU Nurul Huda Semarang. 2) Untuk mengetahui program peningkatan layanan bimbingan konseling di MTs NU Nurul Huda Semarang. 3) Untuk mengetahui hasil program peningkatan layanan bimbingan konseling di MTs NU Nurul Huda Semarang Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan dengan teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini berupa teknik analisis deskriptif, yaitu metode analisis data yang berupa kata-kata. Temuan penelitian ini yaitu meliputi: 1) Kondisi awal layanan bimbingan konseling di MTs NU Nurul Huda dapat diketahui, bahwa pelaksanaan bimbingan dan konseling sebelum diadakan suatu peningkatan oleh guru pembimbing masih terdapat penataan yang belum sistematis dan optimal hal itu terlihat dari fasilitas pendukung pelaksanaan jasa layanan bimbingan konseling yang belum memadai yaitu ruang BK, keberadaan guru pembimbing periode sebelum diadakan peningkatan belum sesuai dengan kualifikasi akademik dan kompetensi seorang konselor, pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas selama 2 jam belum diadakan, serta masih adanya penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan oleh peserta didik. 2) Program peningkatan yang dilakukan oleh koordinator guru pembimbing adalah dengan membuat ruang bimbingan dan konseling beserta perlengkapan yang dibutuhkan, melaksanakan bimbingan secara klasikal di ruang kelas dengan terjadwal. Sedangkan strategi yang diterapkan guru pembimbing dalam meningkatkan layanan bimbingan konseling adalah strategi model sosial, model tersebut diterapkan pada proses bimbingan maupun dalam proses pemecahan masalah serta pembelajaran didalam kelas dengan mengadakan penyuluhan kesehatan dengan memanfaatkan jasa layanan bimbingan konseling. 3) Hasil program peningkatan secara keseluruhan telah dilaksanakan serta adannya peningkatan pengunjung pada proses pelaksanaan layanan bimbingan konseling di ruang bimbingan konseling, sebelum diadakannya suatu peningkatan masih terdapat beberapa pelanggaran sedangkan setelah diadakan peningkatan turun. Adapun hasil prestasi peserta didik juga naik dari tahun 2005/2006 nilai rata-rata ujian nasional 23,23 sedangkan pada tahun 2009/2010 naik sebesar 33,34. Sehingga upaya peningkatan tersebut telah dilaksanakan secara keseluruhan. Selanjutnya, semoga penelitian ini diharapkan menjadi khazanah dan masukan bagi guru dan pengelola MTs NU Nurul Huda Semarang, bahan informasi bagi civitas akademika dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan konseling; Manajemen konseling
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Additional Information: Pembimbing: Fahrurrozi, M. Ag.; Drs. Abdul Wahid, M. Ag.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 02 Feb 2015 09:11
Last Modified: 02 Feb 2015 09:11
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3381

Actions (login required)

View Item View Item