Perilaku konsumtif santriwati Pondok Pesantren Miftahul Huda Kaliwungu Kendal dalam pembelian jilbab

Fatmawati, Eri (2014) Perilaku konsumtif santriwati Pondok Pesantren Miftahul Huda Kaliwungu Kendal dalam pembelian jilbab. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
082411024_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (707kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411024_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411024_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411024_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411024_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411024_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411024_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (90kB) | Preview

Abstract

Konsumsi adalah permintaan. Konsumsi juga bisa berarti mengambil manfaat atau menggunakan barang-barang jadi dari hasil produksi. Dalam konsepsi Ekonomi Islam, konsumsi berlebih-lebihan, yang merupakan ciri khas masyarakat yang tidak mengenal Tuhan, dikutuk dalam Islam dan disebut dengan istilah israf (pemborosan) atau tabdzir (menghambur-hamburkan uang). Sebagai salah satu tempat pendidikan Islam, pondok pesantren juga mengajarkan para santri untuk hidup sederhana dalam hal makanan maupun pakaian, namun kenyataannya saat ini dengan berkembangnya fashion di Indonesia, terutama dalam hal berjilbab. padahal mereka sudah memiliki jilbab yang banyak dan terkadang jilbab yang mereka beli tidak begitu dibutuhkan, dan semua itu jatah yang tadinya untuk kebutuhan satu bulan menjadi tidak cukup. Penelitian ini membahas tentang 1) Bagaimana perilaku konsumtif santriwati pondok pesantren Miftahul Huda Kaliwungu Kendal dalam membeli jilbab. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui perilaku konsumtif santriwati pondok pesantren Miftahul Huda Kaliwungu Kendal dalam pembelian jilbab. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan spesifikasi penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Selanjutnya dilakukan analisis terhadap data yang telah terkumpul dengan metode induktif. Teori konsumsi dalam ekonomi Islam yaitu sebagai konsumen muslim, etika konsumsi dalam memenuhi kebutuhan hidup tidak diterapkan konsumsi yang berlebih-lebihan atau tabzir, dan juga menerapkan sikap boros atau israf. Adapun hasil penelitian ini adalah untuk memenuhi kebutuhan santri seperti makan dan minum disediakan oleh Pondok Pesantren. Perilaku konsumtif santriwati Pondok Pesantren Miftahul Huda Kaliwungu Kendal dalam pembelian jilbab berbeda-beda, sebagian dari mereka selalu membeli jilbab saat ada model terbaru, ada yang kadang-kadang membeli dan ada yang tidak membeli.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perilaku konsumtif; Santriwati; Ekonomi Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Additional Information: Pembimbing: Johan Arifin, S. Ag., MM.; Mohammad Nadzir, SHI,. M.S.I.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 02 Mar 2015 08:08
Last Modified: 02 Mar 2015 08:08
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3573

Actions (login required)

View Item View Item