Pesan Mario Teguh di Acara Golden Ways Metro TV dalam Tinjauan Dakwah

Yanto, Andri (2012) Pesan Mario Teguh di Acara Golden Ways Metro TV dalam Tinjauan Dakwah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
081211004_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081211004_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081211004_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081211004_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081211004_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081211004_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081211004_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (26kB) | Preview

Abstract

Dakwah merupakan suatu langkah yang dilakukan umat Islam dalam menyebarkan ajaran-ajaran keyakinan kebaikan untuk mewujudkan kebahagiaan. Dakwah juga sebagai bentuk untuk mengatasi banyaknya permasalahan-permasalahan yang ada di era modern. Modernisasi menyebabkan munculnya media dakwah yang canggih, seperti televisi, radio, internet, dan lain-lain. Indonesia saat ini sedang dilanda revolusi elektronik. Pada tahap tersebut, televisi menjadi bagian dari kehidupan yang sangat penting. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya acara TV Golden Ways, sebuah program talk show motivasi oleh Mario Teguh yang ditayangkan di Metro TV. Mario Teguh adalah seorang motivator dan terapis di Indonesia yang dipercaya sebagai narasumber dalam acara tersebut. Program ini tayang sejak 3 Agustus 2008 dengan dihadiri sekitar 300 audien setiap episodenya. Dilihat dari sisi penyampaiannya, materi yang dibawakan Mario Teguh lebih hidup dan interaktif. Seperti halnya Mario Teguh di acara Golden Ways, ini merupakan contoh dari media yang patut ditiru dalam hal mengajak dan mempengaruhi orang lain. Mario Teguh tidak hanya bisa memberi nasihat untuk kalangan atas saja atau kalangan intelektual, tapi di daerah desa juga sudah banyak yang mendengar dan melakukan apa yang dikatakan, sebagaimana dalam setiap tayangan akhir sesi dalam Golden Ways. Penulisan dari skripsi ini bertujuan untuk mengetahui, pertama, isi pesan atau materi yang disampaikan Mario Teguh di acara Golden Ways Metro TV. Kedua, untuk mengetahui bagaimana pesan Mario Teguh dalam tinjauan Dakwah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif, yaitu teknik menguraikan, menggambarkan dan menafsirkan data-data yang diperoleh. Di samping itu juga digunakan metode analisis isi atau content analysis yaitu proses analisis terhadap makna dan kandungan teks-teks dan pernyataan yang berkaitan dengan pesan Mario Teguh Golden Ways. Sedangkan pola pikir yang digunakan adalah pola pikir reflektif, yaitu berpikir dalam proses mondar-mandir secara sangat cepat antara induksi dan deduksi, antara abstraksi dan penyajian. Jenis pengumpulan data yang digunakan adalah pertama, observasi. kedua dokumentasi, mengumpulkan data dari biografi beliau. ketiga, wawancara dalam seminar, dilakukan langsung ke Mario Teguh berkenaan dengan pesan-pesan beliau dan juga dalam tinjauan dakwah. Berdasarkan penelitian ini ditemukan hasil, bahwasanya kata-kata bijak yang disampaikan Mario Teguh di sini merupakan nasihat dari Al-Quran, Hadits dan orang lain yang mengandung nilai etika, nilai keimanan, dan motivasi dalam bertindak, sehingga nasihat dalam Golden Ways merupakan kata-kata bijak yang sebagian besar terdapat muatan akhlak, karena hakikat dakwah dalam porsi akhlak disini dapat menjadikan perubahan hidup yang membawa banyak manfaat untuk berbuat lebih santun namun tetap berwibawa. Oleh karena itu penulis menyimpulkan bahwasanya pesan-pesan Mario Teguh dalam acara Golden Ways termasuk bagian dari upaya dakwah, karena isi pesan-pesan tersebut sesuai dengan materi dakwah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pesan Mario Teguh ; Acara Golden Ways Metro TV
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 02 Dec 2013 07:17
Last Modified: 02 Dec 2013 07:17
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/358

Actions (login required)

View Item View Item