Pengaruh Persepsi Guru tentang Peran Pengawas dan Komite Madrasah terhadap Kompetensi Guru MI se Kecamatan Warungasem

Fadli, Failasuf (2013) Pengaruh Persepsi Guru tentang Peran Pengawas dan Komite Madrasah terhadap Kompetensi Guru MI se Kecamatan Warungasem. Masters thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
FailsasufFadli_Tesis_Sinopsis.pdf - Accepted Version

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FailsasufFadli_Tesis_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FailsasufFadli_Tesis_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (17kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan suatu gabungan dari beberapa komponen, dimana komponen-komponen di dalamnya saling terkait dan saling mendukung. Salah satu komponen yang dimaksud adalah sumber daya manusia. Beberapa diantara dari SDM di sebuah lembaga pendidikan adalah Pengawas, komite dan guru. Tesis ini mengkaji tentang kompetensi guru yang didalamnya terdapat peran pengawas dan komite madrasah. Pengawas dan komite merupakan sumber daya manusia yang ikut andil dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan, begitu juga guru, guru merupakan salah satu komponen penting dalam proses pendidikan, di pundaknya terletak tanggung jawab dalam mengantarkan peserta didik ke arah tujuan yang telah dicitakan. Tesis ini mempunyai rumusan masalah; Bagaimana pengaruh persepsi guru tentang peran pengawas terhadap kompetensi guru MI di Kecamatan Warungasem? Bagimana pengaruh persepsi guru tentang peran komite terhadap kompetensi guru MI di Kecamatan Warungasem? Bagaimana Pengaruh persepsi guru tentang peran pengawas dan komite madrasah secara simultan terhadap kompetensi guru MI di Kecamatan Warungasem?. Penelitian ini termasuk jenis lapangan dengan desain korelasional prediktif dua prediktor. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru MI di Kecamatan Warungasem. Data dikumpulkan dari responden sejumlah 37 orang yang ditetapkan dengan teknik cluster sampling. Data dikumpulkan melalui kombinasi antara angket yang menggunakan skala Likert, observasi dan wawancara. Instrumen angket dilakukan uji validitas dengan menggunakan validitas isi dan konstruk, sedangkan untuk mengetahui reliabilitas digunakan uji keandalan Cronbach‟s Alpha. Untuk analisis data terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis antara lain uji normalitas data dengan teknik Shapiro-Wilk, uji linearitas, dan uji multikolinearitas kemudian dilakukan analisis data penelitian dengan teknik regresi ganda tiga prediktor dengan bantuan komputer program Statistical Package for Social Science (SPSS). Hasil analisis menunjukkan temuan sekaligus kesimpulan dalam penelitian ini adalah: (1) ada pengaruh yang signifikan dari persepsi guru tentang peran pengawas terhadap kompetensi guru MI di Kecamatan Warungasem dengan koefisien korelasi 0,698 dan sumbangan efektif sebesar 48,7%. (2) ada pengaruh yang signifikan dari persepsi guru tentang peran komite terhadap kompetensi guru MI di Kecamatan Warungasem dengan koefisien korelasi 0,550 dan sumbangan efektif sebesar 30,3%. (3) ada pengaruh yang signifikan dari persepsi guru tentang peran pengawas dan komite madrasah secara simultan terhadap kompetensi guru MI di Kecamatan Warungasem dengan koefisien 0,736 dan sumbangan efektif sebesar 51,4%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengawas Madrasah, Komite Madrasah, Komite Sekolah, School Board, School Supervisor, Madrasah Supervisor, Manajemen Madrasah, Islamic Elementary School
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 10 Sep 2013 01:53
Last Modified: 10 Sep 2013 01:53
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/36

Actions (login required)

View Item View Item