Pengaruh Supervisi Kunjungan Kelas oleh Kepala Madrasah dan Peran Komite Madrasah terhadap Kinerja Guru PAI MTs se-Kabupaten Demak

Kholis, Nur (2009) Pengaruh Supervisi Kunjungan Kelas oleh Kepala Madrasah dan Peran Komite Madrasah terhadap Kinerja Guru PAI MTs se-Kabupaten Demak. Masters thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
NurKholis_Tesis_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NurKholis_Tesis_Sinopsis.pdf - Submitted Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NurKholis_Tesis_Bab1.pdf - Submitted Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NurKholis_Tesis_Bab2.pdf - Submitted Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NurKholis_Tesis_Bab5.pdf - Submitted Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NurKholis_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (11kB) | Preview

Abstract

Kualitas proses belajar mengajar (PBM) di kelas sangat dipengaruhi oleh kualitas seorang guru, oleh karenanya perlu ada upaya-upaya untuk meningkatkan kinerjanya. Pembinaan dan perhatian dari semua pihak sangat perlu dilakukan, karena dengan pembinaan dan perhatian dari semua pihak beban tugas yang harus dijalankan oleh guru sedikit banyaknya dapat teratasi. Hal ini dapat dimengerti karena pada kondisi tertentu guru juga manusia biasa yang memiliki kecenderungan berlaku negatif. Kadang-kadang semangatnya tinggi untuk menjalankan tugas dan fungsinya sebagai guru, dan kadang-kadang pula semangatnya menurun karena berbagai hal dan sebab. Berdasarkan hal tersebut ada beberapa permasalahan yang dapat dilakukan sebagai upaya meningkatkan kinerja guru, yaitu: supervisi kunjungan kelas oleh kepala madrasah dan peran komite madrasah. Atas dasar latar belakang masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh supervisi kunjungan kelas oleh kepala madrasah terhadap kinerja guru PAI; 2) pengaruh peran komite madrasah terhadap kinerja guru PAI; dan 3) pengaruh supervisi kunjungan kelas oleh kepala madrasah dan peran komite madrasah terhadap kinerja guru PAI. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode statistik. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket dan pedoman observasi. Data-data yang terkumpul kemudian dianalisa dengan menggunakan metode statistik deskriptif, yaitu dengan cara memaparkan data-data temuan dan diolah dengan menggunakan rumus regresi. Berdasarkan uji hipotesis dengan program SPSS diperoleh hasil bahwa semua variabel Independent memiliki hubungan kausalistik yang signifikan dengan variabel Dependent, yaitu kesemuannya hasil menunjukan taraf signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti signifikan. Meskipun demikian kadar sumbangan atau koefisien determinan yang diberikan pada setiap variabel Independent terhadap variabel Dependent tidaklah sama. Walaupun berbeda kadar sumbangan yang diberikan, baik variabel Supervisi Kunjungan Kelas oleh Kepala Madrasah dan Peran Komite Madrasah memiliki peran penting dalam meningkatkan kinerja guru PAI, oleh karena itu peran keduanya dalam meningkatkan kinerja guru PAI tidak dapat diabaikan. Berdasarkan hasil uji hipotesis penelitian ini diharapkan akan timbul perhatian dan pembinaan dari semua pihak untuk meningkat kinerja guru PAI, baik oleh kepala madrasah dengan supervisi kunjungan kelasnya dan komite madrasah melalui peran dan fungsinya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Madrasah; Komite Madrasah; Komite Sekolah; Kinerja Guru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 03 Dec 2013 04:23
Last Modified: 03 Dec 2013 04:23
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/367

Actions (login required)

View Item View Item