Analisis kesulitan peserta didik dalam memahami konsep Fisika materi pokok vektor pada peserta didik kelas X semester I MA Ya Falah Grobogan

M. Jazuri, M. Jazuri (2009) Analisis kesulitan peserta didik dalam memahami konsep Fisika materi pokok vektor pada peserta didik kelas X semester I MA Ya Falah Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
3104114 _ Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3104114 _ Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3104114 _ Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3104114 _ Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3104114 _ Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3104114 _ Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3104114 _ Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (11kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan; 1) Untuk mengetahui bentuk kesulitan peserta didik dalam memahami konsep fisika materi pokok vektor pada peserta didik kelas X semester I MA Ya Falah Grobogan. 2) Untuk mendapatkan informasi tentang faktor-faktor penyebab kesulitan peserta didik dalam memahami konsep fisika materi pokok vektor. 3) Untuk mengetahui cara guru dalam mengatasi kesulitan peserta didik dalam memahami konsep fisika materi pokok vektor. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas I MA Ya Falah Grobogan yang berjumlah 50 peserta didik yang terdiri dari kelas XA dan XB, dengan menggunakan teknik random sampling maka diperoleh kelas XA sebagai kelas sampel dengan jumlah responden sebanyak 25 peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, metode tes, metode angket dan metode wawancara. Metode tes digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan peserta didik, lembar angket tes digunakan untuk mengetahui informasi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan peserta didik, dan wawancara digunakan untuk mengetahui cara guru dalam mengatasi kesulitan peserta didik. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk kesulitan yang dialami peserta didik kelas X MA Ya Falah Grobogan adalah kesulitan memahami gambar dan perhitungan. Kesulitan konsep sebesar 16%, kesulitan gambar sebesar 52,3%, kesulitan simbol sebesar 37%, dan kesulitan perhitungan sebesar 62,1%. Faktor penyebab peserta didik kelas X MA Ya Falah Grobogan mengalami kesulitan dalam memahami konsep fisika materi pokok vektor adalah adanya miskonsepsi penggambaran konsep gaya vektor yang tidak didasarkan pada aturan-aturan penjumlahan vektor yang benar, adanya miskonsepsi pemahaman tentang definisi konsep yang kurang tepat, adanya miskonsepsi dalam penggunaan rumus vektor, materi fisika termasuk materi yang cukup sulit dan SDM yang dimiliki MA Ya Falah Grobogan cukup rendah. Sedangkan cara untuk mengatasinya adalah dengan mempelajari konsep vektor secara utuh, menguasai pokok bahasa fisika, yaitu matematika, menganalisa soal fisika berdasarkan ceritanya, melakukan usaha-usaha yang lebih intensif kepada peserta didik agar lebih banyak berlatih mengerjakan soal, menyelesaikan soal vektor secara analisis Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi guru dalam mengajarkan atau menyampaikan materi fisika, khususnya pada materi pokok vektor. Sehingga peserta didik di kemudian hari tidak mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal fisika.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Andi Fadllan, M.Sc.; Drs. Widodo Supriyono, M.A.
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran; Pembelajaran Fisika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Fisika
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 01 Apr 2015 07:54
Last Modified: 01 Apr 2015 07:54
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3824

Actions (login required)

View Item View Item