Efektivitas model pembelajaran active knowledge sharing terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII MTS Sultan Hadlirin Mantingan Jepara pada materi pokok ekosistem tahun pelajaran 2014/2015
Binawan, Reza (2014) Efektivitas model pembelajaran active knowledge sharing terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII MTS Sultan Hadlirin Mantingan Jepara pada materi pokok ekosistem tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
083811023_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (454kB) | Preview
083811023_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (165kB) | Preview
083811023_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (541kB) | Preview
083811023_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (404kB) | Preview
083811023_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (432kB) | Preview
083811023_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (10kB) | Preview
083811023_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (85kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas efektivitas model pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap hasil belajar peserta didik. Kajiannya dilatar belakangi oleh sulitnya peserta didik untuk memahami materi tentang Ekosistem. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimanakah proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Active Knowledge Sharing pada mata pelajaran Biologi materi pokok Ekosistem kelas VII MTs Sultan Hadlirin Mantingan Jepara? (2) Apakah ada perbedaan kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Active Knowledge Sharing dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap hasil belajar mata pelajaran Biologi materi pokok Ekosistem kelas VII MTs Sultan Hadlirin Mantingan Jepara?
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian eksperimen yang dilaksanakan di MTs Sultan Hadlirin Mantingan Jepara. Sekolah tersebut dijadikan sumber data. Datanya diperoleh dengan cara observasi, tes dan dokumentasi. Semua data di analisis dengan menggunakan uji analisis instrumen, analisis tahap awal dan analisis tahap akhir.
Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran Active Knowledge Sharing memberikan hasil positif terhadap cara belajar peserta didik dan hasil belajarnya. Peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran. Keaktifan itu terlihat dalam antusias dan semangat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Di samping itu, model pembelajaran Active Knowledge Sharing juga bisa meningkatkan motivasi belajar peserta didik serta meningkatkan pemahaman peserta didik dalam mata pelajaran Biologi. (2) Kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Active Knowledge Sharing dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran Active Knowledge Sharing terdapat perbedaan terhadap hasil belajar mata pelajaran Biologi materi pokok Ekosistem kelas VII MTs Sultan Hadlirin Mantingan Jepara. Hal ini bisa terlihat dalam hasil belajar yang didapat peserta didik yaitu post test, bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen 71,17 lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan nilai rata-rata 67,33.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Active Knowledge Sharing; Hasil belajar; Ekosistem |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 577 Ecology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 07 Apr 2015 09:33 |
Last Modified: | 21 May 2021 08:43 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3894 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year