Implementasi quantum teaching dalam pembentukan profesionalisme guru PAI di SMP N 30 Semarang

Indah, Cici Ambar (2009) Implementasi quantum teaching dalam pembentukan profesionalisme guru PAI di SMP N 30 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
3104314 _ Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3104314 _ Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3104314 _ Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3104314 _ Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (907kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3104314 _ Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3104314 _ Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3104314 _ Bibliography.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengertian Quantum Teaching; 2) Implementasi Quantum Teaching dalam Pembentukan Profesionalisme Guru PAI di SMPN 30 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif analitik dengan pengumpulan data secara induktif. Data-data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisa induktif. Dari implementasi Quantum Teaching dalam pembentukan profesionalisme guru PAI diketahui: 1) pengertian, konsep dasar dan pembelajaran Quantum Teaching, 2) implementasi Quantum Teaching dalam pembentukan profesionalisme guru PAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Quantum Teaching merupakan sebuah pendekatan dalam pembelajaran dengan memperhitungkan kemampuan dan bakat siswa sekaligus meletakkan dasar untuk pengajaran efektif dan belajar prima, menyenangkan dan menggairahkan. Implementasi Quantum Teaching dalam pembelajaran PAI dilaksanakan dengan baik dan disesuaikan dengan moment belajar serta memperhatikan unsur kedisiplinan mengajar totalitas penyampaian materi yang disesuaikan antara materi pelajaran (bahan ajar) dengan kebutuhan siswa yang mengacu pada kecerdasan dan modalitas (gaya belajar), sekaligus memberikan sikap positif dan performance yang baik dalam pembelajaran PAI. Selain itu, mampu memberikan inspirasi bagi guru PAI untuk membentuk profesionalisme guru PAI dengan menambah kualitas pengajaran PAI. Kemudian dari kajian dan temuan-temuan di atas, kiranya dapat dijadikan acuan untuk menerapkan Quantum Teaching sebagai pendekatan pembelajaran dalam pembentukan profesionalisme guru PAI. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan pemikiran, informasi, pengetahuan dan sumbangsih masukan bagi para praktisi pendidikan, mahasiswa, lembaga pendidikan dan seluruh pihak yang membutuhkannya di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Quantum Teaching; Profesionalisme guru; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Fatah Syukur, M. Ag.; Ridwan, M. Ag.
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 08 Apr 2015 08:17
Last Modified: 08 Apr 2015 08:17
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3898

Actions (login required)

View Item View Item