Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Bertaraf Internasional (Studi Kasus Di SMP Negeri 2 Semarang Tahun 2009)

Tasimin, Tasimin (2009) Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Bertaraf Internasional (Studi Kasus Di SMP Negeri 2 Semarang Tahun 2009). Masters thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of Tasimin_Tesis_Coverdll.pdf]
Preview
Text
Tasimin_Tesis_Coverdll.pdf - Submitted Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of Tasimin_Tesis_Bab1.pdf]
Preview
Text
Tasimin_Tesis_Bab1.pdf - Submitted Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of Tasimin_Tesis_Bab2.pdf]
Preview
Text
Tasimin_Tesis_Bab2.pdf - Submitted Version

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of Tasimin_Tesis_Bab3.pdf]
Preview
Text
Tasimin_Tesis_Bab3.pdf - Submitted Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of Tasimin_Tesis_Bab4.pdf] Text
Tasimin_Tesis_Bab4.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[thumbnail of Tasimin_Tesis_Bab5.pdf] Text
Tasimin_Tesis_Bab5.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[thumbnail of Tasimin_Tesis_Bab6.pdf]
Preview
Text
Tasimin_Tesis_Bab6.pdf - Submitted Version

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of Tasimin_Tesis_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
Tasimin_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (21kB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SBI SMP Negeri 2 Semarang”. Penulis Tasimin (2009), merupakan tesis Konsentrasi Studi Pendidikan Islam, Program Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri Walisongo, pembimbing Prof. Dr. H. Achmadi, dengan penasehat akademik I Prof. Dr. Hj. Ismawati, M.Ag, dan penasehat akademik II Drs. Agus Nurhadi, M.A.
Sekolah bertaraf internasional merupakan sekolah yang sudah memenuhi dan melaksanakan standar nasional pendidikan yang meliputi: standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian. Selanjutnya aspek-aspek SNP tersebut diperkaya, diperkuat, dikembangkan, diperdalam, diperluas melalui adaptasi atau adopsi standar pendidikan dari salah satu anggota OECD dan atau negara maju lainnya yang mempunyai keunggulan tertentu dalam bidang pendidikan serta diyakini telah memiliki reputasi mutu yang diakui secara intenasional, serta lulusannya memiliki kemampuan daya saing intemasional.
Penelitian ini bermaksud mengetahui strategi pembelajaran pendidikan Agama Islam, dengan indikator penelitian, kemampuan sumberdaya manusia (guru PAI), Kemampuan menggunakan bahasa asing dalam proses pembelajaran, kemampuan guru PAI menggunakan ICT, Kemampuan mengembangkan materi PAI, Model pembelajaran yang digunakan, dan model penilaian.
Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan: (1) sebagai umpan balik bagi tenaga kependidikan yang terlibat langsung dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam pada SBI, (2) sebagai bahan masukan bagi para pengambil kebijakan dalam menetapkan dan mengembangkan strategi pembe- lajaran pendidikan agama Islam yang sesuai dengan kebutuhan personal dan masyarakat menyongsong masa depan yang penuh tantangan dan perubahan prilaku.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data menggunakan tehnik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Tehnik analisis data dengan analisis deskriptif, yaitu dengan cara: (1) reduksi data; (2) penyajian data; dan (3) penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi.
Penelitian tentang Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SBI SMP Negeri 2 Semarang diperoleh hasil sebagai berikut; (1) Kesiapan guru PAI di SMP Negeri 2 Semarang mendekati tuntutan program IKKT yang pro-perubahan, (2) Penggunaan bahasa, dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam belum menggunakan bahasa asing (3) Materi pelajaran yang diajarkan pada SBI masih mengikuti KTSP, (4) Penggunaan ICT, dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam telah menerapkan sistem akademik berbasis ICT, (5) Dalam pengelolaan kelas telah dilakukan langkah-langkah untuk memenuhi program IKKT,dan GPAI mampu menciptakan proses pembelajaran yang kondusif dan dinamis, (6) Model pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran PAI adalah model pembelajaran PAIKEM, dan (7) Model penilaian PAI yang digunakan mengacu pada Permen Diknas Nomor 20 tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan yang masih bertaraf nasional.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Sekolah Bertaraf Internasional
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 03 Dec 2013 06:34
Last Modified: 03 Dec 2013 06:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/394

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics