Manajemen strategik peningkatan citra SMK YATPI Godong Grobogan

Khoirudin, Arif (2014) Manajemen strategik peningkatan citra SMK YATPI Godong Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
103311033_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (801kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103311033_bab1.pdf - Accepted Version

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103311033_bab2.pdf - Accepted Version

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103311033_bab3.pdf - Accepted Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103311033_bab4.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103311033_bab5.pdf - Accepted Version

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103311033_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (288kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “bangunan citra SMK YATPI Godong Grobogan.” Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field Research) dengan pendekatan kualitatif, yaitu data yang terkumpul berbentuk kata-kata, gambar bukan angka-angka. Sedangkan metode yang digunakan untuk pengumpulan data ialah metode observasi (pengamatan), wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yang dilakukan secara induktif. Hasil penelitian menunjukkan dalam mempertahankan eksistensinya di tengah persaingan antar lembaga pendidikan, SMK YATPI Godong berusaha membangun citra positif di masyarakat dengan menjalin relasi dengan perusahaan, meningkatkan kualitas pelayanan, melengkapi sarana prasarana dan melakukan komunikasi yang intens dengan masyarakat. Proses pembangunan citra dilakukan melalui penerapan manajemen strategik yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi. Proses perencanaan strategik peningkatan citra dilaksanakan secara kolaboratif dengan mengikutsertakan personel dan stakeholder sekolah dalam semua tahap perencanaan. Aspek utama yang dipertimbangkan sebagai bahan perencanaan ialah kebutuhan industri. Proses pelaksanaan dilakukan sesuai dengan perencanaan yang disepakati. Semua staf akan bekerja sesuai tugas dan tanggung jawab yang telah ditentukan. Pengawasan strategik dilakukan oleh kepala sekolah. Pengawasan dimulai sejak proses perencanaan hingga evaluasi. Tahap evaluasi dibagi 3 yaitu: evaluasi tahap perencanaan, pelaksanaan, dan efek. Strategi yang dihasilkan dikomunikasikan dengan masyarakat melalui Waka Humas. Berbagai cara dilakukan baik secara langsung maupun tidak langsung, seperti: pertemuan, optimalisasi ekstrakurikuler, dan bakti sosial. Komunikasi intens antara sekolah dan masyarakat pada akhirnya mampu menghasilkan citra positif bagi lembaga. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi terutama bagi Humas di lingkungan sekolah. Sehingga dapat dijadikan bahan informasi dan masukan untuk meningkatkan program dan pengelolaan Humas dalam membangun citra positif di masyarakat.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen strategik; Marketing sekolah; Citra sekolah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Fatah Syukur NC., M. Ag.; Dr. Mahfud Junaedi, M. Ag.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 27 Apr 2015 08:52
Last Modified: 27 Apr 2015 08:52
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3976

Actions (login required)

View Item View Item