Manajemen pembelajaran PAI di kelas autis pendidikan dasar SLB Negeri Batang tahun pelajaran 2014/2015

Hidayah, Nurul (2014) Manajemen pembelajaran PAI di kelas autis pendidikan dasar SLB Negeri Batang tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 103311029_Coverdll.pdf]
Preview
Text
103311029_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (357kB) | Preview
[thumbnail of 103311029_bab1.pdf]
Preview
Text
103311029_bab1.pdf - Accepted Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 103311029_bab2.pdf]
Preview
Text
103311029_bab2.pdf - Accepted Version

Download (318kB) | Preview
[thumbnail of 103311029_bab3.pdf]
Preview
Text
103311029_bab3.pdf - Accepted Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 103311029_bab4.pdf]
Preview
Text
103311029_bab4.pdf - Accepted Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 103311029_bab5.pdf]
Preview
Text
103311029_bab5.pdf - Accepted Version

Download (14kB) | Preview
[thumbnail of 103311029_bibliografi.pdf]
Preview
Text
103311029_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (123kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang manajemen pembelajaran PAI di kelas autis pendidikan dasar SLB Negeri Batang Tahun Pelajaran 2014/2015. Adapun kajiannya dilatarbelakangi oleh banyaknya anak berkebutuhan khusus khususnya autis yang bersekolah di sekolah umum, maupun anak berkebutuhan khusus yang putus sekolah, dikarenakan orang tua anak autis belum sadar akan pentingnya pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus.
Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran PAI yang di buat pendidik untuk kelas autis jenjang pendidikan dasar SLB Negeri Batang? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran yang diterapkan oleh pendidik PAI kelas autis pendidikan dasar di SLB Negeri Batang? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran PAI kelas autis pendidikan dasar di SLB Negeri Batang.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research). Oleh karena itu objek yang diteliti berupa objek di lapangan yang sekiranya mampu memberikan informasi tentang kajian penelitian. Agar penelitian ini dapat tercapai dengan baik, maka dalam metode penelitiannya diperlukan langkah-langkah sistematis berencana, dan sesuai dengan kaidah keilmuan. Selain itu penelitian kualitatif juga dilakukan secara intensif, berpartisipasi lama di lapangan guna mencatat fenomena yang ada baik itu fenomena alamiah maupun fenomena rekayasa manusia, kemudian melakukan analisis terhadap data yang didapat selama penelitian.
Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran PAI di kelas autis pendidikan dasar SLB Negeri Batang dilaksanakan dengan mengidentifikasi peserta didik, perencanaan pembelajaran PAI di kelas autis pendidikan dasar ini tidak jauh berbeda dengan perencanaan pembelajaran pada sekolah lain, namun kegiatan pembelajaran, media, metode pembelajaran, evaluasi dan instrument evaluasinya lebih disederhanakan mengingat keadaan peserta didik di kelas autis dengan segala kesulitan belajarnya. (2) Pelaksanaan pembelajaran PAI di kelas autis SLB Negeri Batang menggunakan metode ceramah, Tanya jawab, demonstrasi. Dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas autis, pendidik harus berperan aktif sebagai pengendali suasana dan keadaan kelas, karena kecenderungan anak autis yang selalu berbuat semaunya sendiri dengan cara melakukan pendekatan personal pada setiap peserta didiknya. (3) Evaluasi pembelajaran PAI di kelas autis SLB Negeri Batang dilakukan dengan lisan, tertulis, dan pengamatan. Tes lisan untuk mengetahui kemampuan hafalan setiap peserta didiknya, tes tertulis dilakukan untuk mengetahui sejauh mana peserta didik memahami apa yang disampaikan pendidik. Dalam tes tertulis pendidik akan membantu peserta didiknya membaca kembali soal dan menjelaskan kembali maksud pertanyaan yang diajukan. Sedangkan pengamatan dilakukan pendidik untuk mengetahui perubahan perilaku peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Dr. Musthofa, M. Ag.: Ismail SM, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PAI; Autis; Sekolah Luar Biasa (SLB)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 28 Apr 2015 09:21
Last Modified: 28 Apr 2015 09:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3986

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics