Efektivitas metode al-kitābah terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa kelas VII SMP Takhassus Al-Qur’an Bulakwaru Kec. Tarub Kab. Tegal tahun 2014

Rizqi, Ikfina Kamalia (2014) Efektivitas metode al-kitābah terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa kelas VII SMP Takhassus Al-Qur’an Bulakwaru Kec. Tarub Kab. Tegal tahun 2014. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
103111117_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111117_bab1.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111117_bab2.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111117_bab3.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111117_bab4.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111117_bab5.pdf - Accepted Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111117_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (107kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan metode al-Kitābah dalam kemampuan menghafal Al-Qur’an kelas VII di SMP Takhassus Al-Qur’an Bulakwaru Kec. Tarub Kab. Tegal. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, yang dilaksanakan di SMP Takhassus Al-Qur’an Bulakwaru Kec. Tarub Kab. Tegal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII, yang terdiri dari VII A, VII B, dan VII C. Sampelnya menggunakan teknik pengambilan sampel secara acak (random sampling), yakni dengan cara membagi seluruh populasi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok Eksperimen inilah sebagai sampel dan kelompok kontrol sebagai pembanding. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode non-tes dengan menggunakan instrument angket dan tes kinerja. Sebelum diberi perlakuan kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas dan homogenitas dengan menggunakan nilai hafalan tengah semester. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan metode al-kitabah dan kelas kontrol menggunakan metode hafalan konvensional. Setelah data didapat terlebih dahulu, dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikasi = 5% diperoleh thitung = 7,240, sedangkan ttabel = 1,99. Karena thitung > ttabel maka rata-rata nilai hafalan Al-Qur’an siswa yang menggunakan metode al-kitabah lebih tinggi daripada siswa yang menghafal Al-Qur’an dengan metode konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir hafalan kelas eksperimen = 84,23 dan kelompok kontrol =67,5, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode al- kitābah dalam menghafal Al-Qur’an lebih efektif dari pada model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar di sekolah terutama dalam menerapkan strategi, metode, dan model pembelajaran yang baik dan tepat, yang dapat meningkatkan semangat dan kemampuan menghafal Al-Qur’an bagi siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Menghafal Al-Qur’an; Metode Al-Kitābah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing: Ahmad Muthohar, M. Ag.; Drs. H. Karnadi, M. Pd.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 06 May 2015 09:30
Last Modified: 06 May 2015 09:30
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4041

Actions (login required)

View Item View Item