Implementasi penilaian autentik pada pembelajaran PAI dan budi pekerti dan implikasinya terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 18 Semarang tahun ajaran 2014/2015

Irsyad, Muhammad Faqih (2014) Implementasi penilaian autentik pada pembelajaran PAI dan budi pekerti dan implikasinya terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 18 Semarang tahun ajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 113111125_coverdll.pdf]
Preview
Text
113111125_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (440kB) | Preview
[thumbnail of 113111125_bab1.pdf]
Preview
Text
113111125_bab1.pdf - Accepted Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of 113111125_bab2.pdf]
Preview
Text
113111125_bab2.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 113111125_bab3.pdf]
Preview
Text
113111125_bab3.pdf - Accepted Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 113111125_bab4.pdf]
Preview
Text
113111125_bab4.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 113111125_bab5.pdf]
Preview
Text
113111125_bab5.pdf - Accepted Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 113111125_bibliografi.pdf]
Preview
Text
113111125_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (114kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi atas upaya pemerintah dalam membangun pendidikan yang lebih baik. Salah satu upaya tersebut melalui pengembangan kurikulum. Pengembangan kurikulum 2006 atau Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) ke Kurikulum 2013 membawa dampak perubahan. Salah satu perubahannya terletak pada Standar Penilaian, karena sejatinya penilaian merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari proses belajar mengajar.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana implikasi implementasi penilaian autentik pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 18 Semarang tahun ajaran 2014/2015? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat pada pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VIII di SMP Negeri 18 Semarang tahun ajaran 2014/2015?.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk membuat deskripsi, gambaran, atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data yang terdiri dari tahapan data collection, reduction, display, dan Conclusion Drawing/Verification.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1.1. SMP Negeri 18 Semarang telah menerapkan Kurikulum 2013 dan Penilaian autentik. Penerapan penilaiannya meliputi a. Penilaian Kompetensi Sikap. Guru melakukan penilaian kompetensi sikap melalui: 1) Penilaian diri, 2) Penilaian antar peserta didik, dan 3) Jurnal. b. Penilaian Kompetensi Pengetahuan. Guru melakukan penilaian kompetensi pengetahuan melalui: 1) Penilaian lisan, 2) Penilaian tes tertulis, dan 3) Penugasan/proyek. c. Penilaian Kompetensi Psikomotorik. Guru melakukan penilaian kompetensi psikomotorik melalui penilaian unjuk kerja. 1.2. Implikasi dari penerapan penilaian autentik terhadap hasil belajar siswa secara umum adalah perubahan prilaku menjadi lebih baik, siswa menjadi lebih aktif serta kreatif dalam proses belajar mengajar. 2. Faktor yang mendukung pada penilaian autentik yaitu a. Guru yang berkompeten, b. Peserta didik yang berkualitas, c. Sekolah yang baik (unggulan), d. Fasilitas yang memadai, dan e. Kepala sekolah yang ramah. Faktor penghambatnya adalah a. Penerapan yang belum siap (matang), b. Kegiatan pelatihan yang kurang efektif dan efisien dan c. Beban guru dan siswa bertambah karena banyaknya penilaian yang harus dilakukan.
Kata kunci: Penilaian Autentik, Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dan Implikasi Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembombing: H. Mursid, M. Ag.; Drs. Mustopa, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Pembelajaran PAI; Budi pekerti
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 13 May 2015 09:36
Last Modified: 13 May 2015 09:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4049

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics