Penggunaan strategi Joepardy Game dengan media audio visual terhadap peningkatan prestasi belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Fikih materi puasa Ramadhan siswa kelas III di MI Miftahul Ulum Pancur Mayong Jepara

Zulfa, Indana (2014) Penggunaan strategi Joepardy Game dengan media audio visual terhadap peningkatan prestasi belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Fikih materi puasa Ramadhan siswa kelas III di MI Miftahul Ulum Pancur Mayong Jepara. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
103911019_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103911019_bab1.pdf - Accepted Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103911019_bab2.pdf - Accepted Version

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103911019_bab3.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
103911019_bab4.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
103911019_bab5.pdf - Accepted Version

Download (811kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103911019_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (104kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang “penggunaan strategi joepardy game dengan media audio visual terhadap peningkatan prestasi belajar kognitif siswa pada mata pelajaran fikih materi puasa Ramadhan siswa kelas III di MI Miftahul Ulum Pancur Mayong Jepara”. Kajiannya dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa dan kurangnya kemampuan guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran pada mata pelajaran fikih materi puasa Ramadhan. Masih banyak nilai peserta didik yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Oleh sebab itu perlu adanya perubahan metode maupun strategi pembelajaran agar peserta didik mampu memahami materi puasa Ramadhan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas penggunaan strategi joepardy game dengan media audio visual terhadap peningkatan prestasi belajar kognitif siswa pada mata pelajaran fikih materi puasa Ramadhan siswa kelas III di MI Miftahul Ulum Pancur Mayong Jepara. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Bagaimana efektivitas penggunaan strategi joepardy game dengan media audio visual terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih materi puasa ramadhan siswa kelas III di MI Miftahul Ulum Pancur Mayong Jepara? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain “pretest-posttest control group design” yang dilaksanakan di kelas III MI Miftahul Ulum Pancur Mayong Jepara. Madrasah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan data keadaan peserta didik. Datanya diperoleh dengan metode dokumentasi dan metode tes. Sebelum diberi perlakuan terlebih dahulu dilakukan uji keseimbangan yaitu uji normalitas, homogenitas dan uji kesamaan dua rata-rata dengan menggunakan pretest. Kemudian sampel dipilih dua kelas teknik total sampling. Setelah itu kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan strategi joepardy game dengan media audio visual dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Setelah data didapat, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas. Kemudian data dianalisis dengan uji perbedaan rata-rata (uji t) pihak kanan. Kajian ini menunjukkan bahwa : rata-rata prestasi mata pelajaran fikih peserta didik yang diajar dengan strategi joepardy game dengan media audio visual lebih baik dari pada peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional. Hal ini berdasarkan perhitungan hasil penelitian yaitu diperoleh thitung= 2,733 sedangkan ttabel = 1,684. Karena maka ditolak. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 70,14 dan kelas kontrol = 63,19, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi jeopardy game dengan media audio visual efektif dari pada metode pembelajaran konvensional.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran; Media pembelajaran; Prestasi belajar kognitif; Fikih; Puasa Ramadhan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing: H. Amin Farih, M. Ag.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 25 May 2015 07:59
Last Modified: 25 May 2015 07:59
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4057

Actions (login required)

View Item View Item