Efektivitas Model Pembelajaran PAIKEM dengan Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, Society) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII pada Materi Pokok Cahaya di SMP Futuhiyyah Mranggen Demak Tahun Ajaran 2011/2012

Sulaswati, Mega (2012) Efektivitas Model Pembelajaran PAIKEM dengan Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, Society) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII pada Materi Pokok Cahaya di SMP Futuhiyyah Mranggen Demak Tahun Ajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083611037_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611037_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611037_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611037_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611037_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611037_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611037_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran PAIKEM dengan pendekatan SETS efektif terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok cahaya kelas VIII semester genap SMP Futuhiyyah Mranggen Demak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di SMP Futuhiyyah Mranggen Demak. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel pada penelitian ini adalah cluster random sampling, dengan dua kelas sebagai sampel penelitian. Dengan pengambilan acak diperoleh kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen terdiri dari 42 peserta didik dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol terdiri dari 41 peserta didik. Kedua kelas tersebut dipilih secara acak dari empat kelas yang ada setelah sebelumnya diuji dan diketahui normalitas dan homogenitas populasinya. Tehnik pengumpulan data dengan metode dokumentasi untuk memperoleh daftar nama peserta didik dan nilai hasil ulangan pada materi sebelumnya yang digunakan untuk menghitung normalitas dan homogenitas masing-masing kelas. Selain itu juga menggunakan metode tes yaitu untuk memperoleh data nilai post test hasil pembelajaran yang diterapkan dengan model pembelajaran PAIKEM dengan pendekatan SETS dan juga untuk kelas yang menggunakan model konvensional. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan Uji t-test. Berdasarkan uji t-test dengan taraf signifikansi 5 % diperoleh thitung = 3,203 sedangkan ttabel = 1,66. Karena thitung > ttabel maka rata-rata hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran PAIKEM dengan pendekatan SETS lebih baik dari pada hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh dari rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 69,29 dan kelompok kontrol = 62,80 juga dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dengan pembelajaran model PAIKEM dengan pendekatan SETS lebih tinggi dari pada kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Dengan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi ataupun masukan bagi pendidik maupun calon pendidik bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran PAIKEM dengan pendekatan SETS dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran PAIKEM; SETS (Science Environment Technology Society)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Fisika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 03 Dec 2013 08:34
Last Modified: 03 Dec 2013 08:34
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/407

Actions (login required)

View Item View Item