Penggunaan model pembelajaran integrated untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran tematik subtema bermain di lingkungan rumah di kelas II MI NU 70 Miftahul Athfal Jungsemi Kendal

Arfina, Yuli (2014) Penggunaan model pembelajaran integrated untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran tematik subtema bermain di lingkungan rumah di kelas II MI NU 70 Miftahul Athfal Jungsemi Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of 103911061_coverdll.pdf]
Preview
Text
103911061_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (410kB) | Preview
[thumbnail of 103911061_bab1.pdf]
Preview
Text
103911061_bab1.pdf - Accepted Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 103911061_bab2.pdf]
Preview
Text
103911061_bab2.pdf - Accepted Version

Download (564kB) | Preview
[thumbnail of 103911061_bab3.pdf]
Preview
Text
103911061_bab3.pdf - Accepted Version

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of 103911061_bab4.pdf]
Preview
Text
103911061_bab4.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 103911061_bab5.pdf]
Preview
Text
103911061_bab5.pdf - Accepted Version

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of 103911061_bibliografi.pdf]
Preview
Text
103911061_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (125kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penggunaan model pembelajaran integrated untuk meningkatkan hasil belajar kognitif pada pembelajaran tematik subtema bermain di lingkungan rumah di kelas II MI NU 70 Miftahul Athfal Jungsemi Kendal. Kajiannya dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif siswa karena model konvensional yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan penggunaan model pembelajaran integrated dan peningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran tematik subtema bermain di lingkungan rumah dengan model integrated. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Bagaimana Penggunaan Model Pembelajaran Integrated diterapkan pada Pembelajaran Tematik Subtema Bermain di Lingkungan Rumah? dan Apakah Penggunaan Model Pembelajaran Integrated Meningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Pembelajaran Tematik Subtema Bermain di Lingkungan Rumah? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian eksperimen dengan desain “posttest-only control design” yang dilaksanakan di kelas II MI NU 70 Miftahul Athfal Jungsemi Kendal. Madrasah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan data keadaan peserta didik. Datanya diperoleh dengan metode observasi, metode dokumentasi dan metode tes.
Sebelum diberi perlakuan terlebih dahulu dilakukan uji keseimbangan yaitu uji normalitas, homogenitas dan uji kesamaan dua rata-rata dengan menggunakan nilai mid semester sebelumnya. Kemudian sampel dipilih dua kelas dengan teknik cluster random sampling. Setelah itu kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Integrated dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Setelah data didapat, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas. Kemudian data dianalisis dengan uji perbedaan rata-rata (uji t) pihak kanan.
Kajian ini menunjukkan bahwa : rata-rata hasil belajar subtema Bermain di Lingkungan Rumah peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Integrated lebih baik dari pada peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini berdasarkan perhitungan hasil penelitian yaitu diperoleh , sedangkan ttabel = 1,73. Karena maka ditolak. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 76,75 dan kelas kontrol = 64,75, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Integrated dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa daripada dengan menggunakan model konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Pembelajaran tematik; Pembelajaran integrated; Hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 30 May 2015 01:48
Last Modified: 15 Dec 2021 10:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4082

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics