Peningkatan keterampilan menulis puisi bebas melalui metode drill di kelas V MI Ky Ageng Giri Banyu Meneng Mranggen Demak semester gasal tahun pelajaran 2014/2015
Nadziroh, Siti Ratna (2014) Peningkatan keterampilan menulis puisi bebas melalui metode drill di kelas V MI Ky Ageng Giri Banyu Meneng Mranggen Demak semester gasal tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
133911150_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (308kB) | Preview
133911150_bab1.pdf - Accepted Version
Download (70kB) | Preview
133911150_bab2.pdf - Accepted Version
Download (375kB) | Preview
133911150_bab3.pdf - Accepted Version
Download (54kB) | Preview
133911150_bab4.pdf - Accepted Version
Download (312kB) | Preview
133911150_bab5.pdf - Accepted Version
Download (11kB) | Preview
133911150_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (59kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini dilatarbelakangi kurang terampilnya menulis puisi bebas juga dialami oleh siswa kelas V MI Ky Agung Giri Banyumeneng Mranggen Demak, untuk dapat peningkatan kemampuan menulis puisi bebas pada Mapel Bahasa Indonesia dengan baik dan bersifat kontinyu, salah satu yang bisa dilakukan adalah menerapkan metode drill.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana pelaksanaan metode drill materi menulis puisi bebas di kelas V MI Ky Agung Giri Banyumeneng Mranggen Demak? 2) Apakah ada peningkatan keterampilan menulis puisi bebas melalui metode drill di kelas V MI Ky Agung Giri Banyumeneng Mranggen Demak?
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan metode drill materi menulis puisi bebas di kelas V MI Ky Agung Giri Banyumeneng Mranggen Demak dilakukan dengan menjelaskan materi puisi bebas kepada siswa dan melatihnya, kemudian siswa latihan menulis puisi bebas dalam kelompok belajar dengan bimbingan guru, hasil latihan dari kelompok kemudian dipresentasikan di kelas. 2) Ada peningkatan keterampilan menulis puisi bebas melalui metode drill siswa kelas V MI Ky Agung Giri Banyumeneng Mranggen Demak, di mana keterampilan menulis pra siklus rata-rata 2,31 (kategori baik), dan pada siklus I rata-rata 2,76 (kategori baik) dan di siklus II rata-rata 3,39 (kategori sangat baik), peningkatan juga terjadi pada metode drill dapat peningkatan keaktifan siswa yang semakin baik dalam setiap siklusnya, di mana pada siklus I rata-rata 2,63 (kategori baik) pada siklus II rata-rata 3,1 (kategori sangat baik). Hasil ini sudah mencapai indikator yang ditentukan yakni pada kategori sangat baik
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Muhammad Nafi Annury, M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan menulis puisi; Metode pembelajaran |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 30 May 2015 04:52 |
Last Modified: | 30 May 2015 04:52 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4105 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year