Penerapan model small group discussion untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi memelihara lingkungan di kelas III MI Bustanul Ulum Morodemak Bonang Demak semester gasal tahun pelajaran 2014/2015

Auliyah, Inna (2014) Penerapan model small group discussion untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi memelihara lingkungan di kelas III MI Bustanul Ulum Morodemak Bonang Demak semester gasal tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133911166_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911166_bab1.pdf - Accepted Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911166_bab2.pdf - Accepted Version

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911166_bab3.pdf - Accepted Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911166_bab4.pdf - Accepted Version

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911166_bab5.pdf - Accepted Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911166_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (99kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi Pembelajaran IPS yang selama ini dilakukan di kelas III MI Bustanul Ulum Morodemak Bonang Demak masih banyak dipengaruhi oleh cara-cara tradisional, yaitu guru menyampaikan pelajaran, siswa mendengarkan atau mencatat dengan sistem evaluasi yang mengutamakan pengukuran kemampuan menjawab pertanyaan hafalan atau kemampuan verbal lainnya. Salah satu yang bisa dilakukan pada pembelajaran IPS adalah menerapkan model small group discussion (diskusi kelompok kecil). Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana penerapan model small group discussion pada pembelajaran IPS materi memelihara lingkungan di kelas III MI Bustanul Ulum Morodemak Bonang Demak Semester Gasal Tahun Pelajaran 2014/2015?. 2) Apakah model small group discussion dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi memelihara lingkungan di kelas III MI Bustanul Ulum Morodemak Bonang Demak Semester Gasal Tahun Pelajaran 2014/2015? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model small group discussion pada pembelajaran IPS materi memelihara lingkungan di kelas III MI Bustanul Ulum Morodemak Bonang Demak Semester Gasal Tahun Pelajaran 2014/2015 yang dilakukan guru dengan membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil, dimana setiap kelompok terdiri dari 4 siswa, kemudian guru memberikan studi kasus tentang materi menjaga lingkungan rumah untuk didiskusikan, kegiatan dilanjutkan dengan guru mengklarifikasi, penyimpulan dan tindak lanjut. 2) Model small group discussion dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi memelihara lingkungan di kelas III MI Bustanul Ulum Morodemak Bonang Demak Semester Gasal Tahun Pelajaran 2014/2015, hal ini dilihat dari tingkat ketuntasan belajar peserta didik per siklus yaitu pada pra siklus dengan KKM 70 siswa yang tuntas ada 7 siswa atau 35% naik pada siklus I yaitu 12 siswa atau 60%, dan pada siklus II sudah mencapai 17 siswa atau 85%, hasil ini sudah mencapai indikator yang ditentukan yaitu 85%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Small group discussion; Hasil belajar; IPS untuk sekolah dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing: Ani Hidayati, M. Pd.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 05 Jun 2015 09:21
Last Modified: 05 Jun 2015 09:21
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4114

Actions (login required)

View Item View Item