Peningkatan keterampilan membaca melalui metode drill membaca tanpa mengeja pada kelas I B MI NU 04 Kumpulrejo Kaliwungu Kendal tahun 2014

Sholechah, Sholechah (2014) Peningkatan keterampilan membaca melalui metode drill membaca tanpa mengeja pada kelas I B MI NU 04 Kumpulrejo Kaliwungu Kendal tahun 2014. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133911206_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911206_bab1.pdf - Accepted Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911206_bab2.pdf - Accepted Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911206_bab3.pdf - Accepted Version

Download (893kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911206_bab4.pdf - Accepted Version

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911206_bab5.pdf - Accepted Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911206_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (44kB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilatarbelakangi oleh adanya kegiatan pembelajaran akan berhasil baik, apabila guru dalam menyajikan materi menggunakan prosedur yang tepat, diantaranya metode yang tepat, alat peraga yang sesuai, bahasa pengantar yang menarik, sehingga motivasi dan minat anak akan bangkit. Berdasarkan hasil pengamatan penulis di MI NU 04 Kumpulrejo Kaliwungu Kendal, tentang keterampilan membaca siswa kelas I B yang sangat rendah, maka sangatlah perlu solusi penemuan metode yang tepat untuk mengajarkan membaca pada kelas I B MI NU 04 Kumpulrejo Kaliwungu Kendal dengan menggunakan metode drill membaca tanpa mengeja untuk peningkatan keterampilan siswa di bidang membaca dan menulis. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: apakah melalui metode drill membaca tanpa mengeja dapat peningkatan keterampilan membaca siswa kelas I B MI NU 04 Kumpulrejo Kaliwungu Kendal Tahun 2014 ? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi, teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan, tes dan dokumentasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa: metode drill membaca tanpa mengeja dapat peningkatan keterampilan membaca siswa kelas I B MI NU 04 Kumpulrejo Kaliwungu Kendal Tahun 2014 . Hal ini dapat dilihat dari peningkatan keterampilan membaca per siklus dimana siswa yang mencapai KKM pada pra siklus ada 7 siswa atau 44%, siklus I ada 12 siswa atau 75% dan pada siklus II ada 15 siswa atau 94%. Sedangkan aktivitas belajar siswa pada siklus I rata-rata kelas 55.73%, dan pada siklus II rata-rata kelas sebesar 91.15%. Hal ini sesuai dengan indikator yang ditetapkan yaitu di atas 90%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Keterampilan membaca; Metode pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing: Muhammad Nafi Annury, M. Pd.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 19 Jun 2015 08:04
Last Modified: 19 Jun 2015 08:04
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4152

Actions (login required)

View Item View Item