Efektivitas pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) pada tatanama senyawa dan isomer Alkana, Alkena dan Alkuna di kelas X MA Kartayuda Blora

Afidah, Nafis (2014) Efektivitas pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) pada tatanama senyawa dan isomer Alkana, Alkena dan Alkuna di kelas X MA Kartayuda Blora. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
103711019_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
103711019_bab1.pdf - Accepted Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103711019_bab2.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
103711019_bab3.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
103711019_bab4.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
103711019_bab5.pdf - Accepted Version

Download (887kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103711019_bibliopgrafi.pdf - Bibliography

Download (180kB) | Preview

Abstract

Penelitian tentang efektivitas pembelajaran POGIL pada materi tatanama senyawa dan isomer alkana, alkena dan alkuna di kelas X MA Kartayuda Blora telah dilakukan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitan kuantitatif menggunakan desain penelitian eksperimen. Bentuk desain eksperimen ini adalah quasi experimental design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X MA Kartayuda Blora dan diperoleh dua kelas untuk dijadikan sampel yaitu kelas XB sebagai kelompok eksperimen yang mendapat perlakuan menggunakan metode pembelajaran POGIL dan kelas XA sebagai kelompok kontrol yang tidak mendapatkan perlakuan. Teknik pengambilan data menggunakan teknik dokumentasi, tes dan observasi. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan analisis data adalah t_hitung= 3,247 >t_tabel=t_((0,05)(64)) = 2,00 yang berarti pembelajaran POGIL pada tatanama senyawa dan isomer alkana, alkena dan alkuna adalah efektif. Rata-rata hasil belajar dari kedua aspek (kognitif dan afektif) pada kelas eksperimen adalah 82,54% dan pada kelas kontrol rata-rata hasil belajar dari kedua aspek (kognitif dan afektif) adalah 61,97%. Adanya perbedaan hasil belajar ini disebabkan metode pembelajaran POGIL lebih menekankan pada proses dan inkuiri terbimbing. Adanya proses itu dapat dilihat dari diskusi baik dalam kelompok atau klasikal sedangkan inkuiri terbimbing dapat dilihat dari pertanyaan-pertanyaan dalam lembar kerja siswa yang disusun sedemikian rupa sehingga siswa mampu memahami konsep dengan sendirinya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Hasil belajar; Kimia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 547 Organic chemistry
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Kimia
Additional Information: Pembimbing: Abdul Kholiq, M. Ag.; Arizal Firmansyah, M. Si.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 26 Jun 2015 06:28
Last Modified: 26 Jun 2015 06:28
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4182

Actions (login required)

View Item View Item