Kemampuan guru dalam mengkontekstualkan pembelajaran Matematika kelas X semester genap di MAN Kendal tahun pelajaran 2013/2014

Farikhah, Amilatul (2014) Kemampuan guru dalam mengkontekstualkan pembelajaran Matematika kelas X semester genap di MAN Kendal tahun pelajaran 2013/2014. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
103511003_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103511003_bab1.pdf - Accepted Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103511003_bab2.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
103511003_bab3.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
103511003_bab4.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103511003_bab5.pdf - Accepted Version

Download (811kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103511003_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (46kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya perhatian pendidik terhadap pengkontekstualan pembelajaran Matematika terhadap kehidupan nyata. Banyak lembaga pendidikan yang mengedepankan pengetahuan tentang fakta yang hanya memerlukan kemampuan mengingat menjadi penekanan utama perolehan hasil belajar, sedangkan kemampuan menerapkan dan kemampuan berpikir kreatif sebagai dasar dalam aspek kehidupan tidak mendapat perhatian yang cukup. Guru dalam proses belajar mengajar harus memiliki kemampuan tersendiri, guna mencapai harapan yang dicita-citakan dalam melaksanakan pendidikan pada umumnya dan proses belajar mengajar pada khususnya. Sehingga studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan bagaimanakah kemampuan guru dalam mengkontekstualkan pembelajaran Matematika kelas X semester genap di MAN Kendal tahun pelajaran 2013/2014? Jenis penelitian ini adalah studi kasus, yaitu penelitian yang dilakukan secara intensif dan mendalam terhadap suatu objek tertentu. Adapun pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, yang mana digunakan untuk mendeskripsikan tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan kemampuan guru dalam mengkontekstualkan pembelajaran Matematika terhadap kehidupan nyata. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pada prinsip saling ketergantungan (interdepence) guru mempunyai kemampuan yang baik dalam pengetahuannya tentang pengkontekstualan materi Trigonometri dalam kehidupan sehari-hari/nyata dan kaitannya dengan ilmu pengetahuan lain. Pada prinsip differensiasi (differentiation) guru kurang intensif menggunakan metode pembelajaran aktif dalam proses pembelajaran, sehingga siswa kurang leluasa berpikir kreatif dan menjelajahi bakat mereka, memunculkan cara belajar mereka sendiri, dan berkembang dengan langkah mereka sendiri. Pada prinsip pengorganisasian diri (self organization) guru kurang intensif mendorong peserta didik untuk menggali potensi yang dimilikinya melalui kebermaknaan belajar, dalam hal ini guru belum mengutamakan kemampuan yang didasarkan pada pengalaman yang diperoleh siswa dari kehidupan nyata.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan guru; Matematika; Metode pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Additional Information: pembimbing: Saminanto, M. Sc.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 26 Jun 2015 06:36
Last Modified: 26 Jun 2015 06:36
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4189

Actions (login required)

View Item View Item