Optimalisasi fungsi manajemen kesiswaan dalam meningkatkan potensi berorganisasi siswa di MA Darul Amanah Sukorejo Kendal

Farida, Uma (2009) Optimalisasi fungsi manajemen kesiswaan dalam meningkatkan potensi berorganisasi siswa di MA Darul Amanah Sukorejo Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
3105124 _ Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105124 _ Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105124 _ Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105124 _ Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105124 _ Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105124 _ Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105124 _ Bibliographi.pdf - Bibliography

Download (18kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji dua rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana manajemen kesiswaan di MA Darul Amanah Sukorejo Kendal? 2) Bagaimana Optimalisasi fungsi manajemen kesiswaan dalam meningkatkan potensi berorganisasi siswa di MA Darul Amanah Sukorejo Kendal? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Manajemen kesiswaan di MA Darul Amanah Sukorejo Kendal. 2) Optimalisasi fungsi manajemen kesiswaan dalam meningkatkan potensi berorganisasi siswa di MA Darul Amanah Sukorejo Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan dengan teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi data. Analisis data dalam penelitian ini berupa teknik analisis deskriptif, yaitu metode analisis data yang berupa kata-kata, gambar dan bukan angka. Kesimpulan/temuan penelitian ini yaitu meliputi: 1) Manajemen kesiswaan di MA Darul Amanah tidak hanya dilaksanakan oleh waka kesiswaan saja akan tetapi dengan cara bekerjasama dengan waka kurikulum dan waka BK. Tugas manajemen kesiswaan di MA Darul Amanah meliputi: perencanaan kesiswaan, penerimaan siswa baru, pengelompokan siswa, pembinaan disiplin siswa, kelulusan dan alumni, kegiatan ekstra kelas serta Organisasi Siswa Darul Amanah (OSDA). 2) Manajemen kesiswaan MA Darul Amanah dalam meningkatkan potensi berorganisasi siswa yaitu: Pertama, selama tiga bulan yang akan dijadikan calon ketua OSDA mengikuti training. Kedua, seluruh siswa kelas XI MA mukim dan siswa lajo yang berpotensi menjadi pengurus mengikuti pembekalan. Ketiga, debat calon ketua OSDA. Keempat, pemilihan ketua secara demokratis. Kelima, mengadakan kumpul rutin. Keenam, siswa diberi kepercayaan untuk mengelola organisasinya/kegiatannya. Hasil dari optimalisasi fungsi manajemen kesiswaan dalam meningkatkan potensi berorganisasi siswa di MA Darul Amanah Sukorejo Kendal yaitu: pertama, pengurus yang pada awalnya menunggu arahan dari kepala sekolah/waka kesiswaan/pembina OSDA, sekarang mereka mampu mengambil keputusan sendiri. Kedua, para pengurus mampu mengorganisir para anggotanya. Ketiga, pengurus menjadi percaya diri. Keempat, memiliki sikap adil. Kelima, mampu mengendalikan organisasi. Keenam, memiliki jiwa keikhlasan. Ketujuh, pengurus OSDA tetap berprestasi, walaupun mereka telah menjadi pengurus Kemudian dari kajian dan temuan tersebut kiranya dapat dijadikan acuan untuk meningkatkan potensi berorganisasi siswa di lembaga pendidikan. Selanjutnya, penelitian ini diharapkan menjadi khazanah dan masukan bagi pengelola manajemen kesiswaan di MA Darul Amanah, pengurus OSDA MA Darul Amanah, bahan informasi bagi civitas akademika dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sugeng Ristiyanto, M. Ag.; Musthofa, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kesiswaan; Organisasi kesiswaan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students (kelaskan di sini kegiatan ekstra kurikuler, OSIS, dsb.), Note: Untuk Pramuka kelaskan di: 369
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 06 Jun 2015 07:30
Last Modified: 06 Jun 2015 07:30
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4225

Actions (login required)

View Item View Item