Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) dalam meningkatkan hasil belajar Matematika pada materi pokok sistem persamaan linear dua variabel

Mardhiyah, Siti (2009) Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) dalam meningkatkan hasil belajar Matematika pada materi pokok sistem persamaan linear dua variabel. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
3105221 _ Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105221 _ Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105221 _ Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105221 _ Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105221 _ Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105221 _ Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105221 _ Bibliographi.pdf - Bibliography

Download (13kB) | Preview

Abstract

Matematika adalah suatu alat untuk mengembangkan cara berpikir logis dan sistematis. Dalam kegiatan pembelajaran matematika tugas utama seorang guru untuk menyampaikan informasi kepada peserta didiknya, guru juga harus dapat memotivasi dan dapat menumbuhkan sikap kerjasama serta tanggung jawab terhadap keberhasilan sendiri dan keberhasilan orang lain. Suasana belajar yang menyenangkan harus selalu diterapkan pada pembelajaran matematika. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament). Model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) didesain untuk meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar matematika sehingga akan berimplikasi terhadap meningkatnya hasil belajar matematika peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pokok sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs NU 06 Sunan Abinawa Pegandon semester 1 tahun pelajaran 2009/2010 yang terdiri dari 4 kelas. Dengan menggunakan Cluster Random Sampling diperoleh dua kelas sampel, yakni kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Sedangkan kelas VIII C sebagai kelas uji coba. Untuk mengetahui nilai hasil belajar matematika peserta didik digunakan tes setelah pembelajaran selesai. Soal yang digunakan sebelumnya telah diujicobakan pada kelas VIII C sebagai kelas uji coba. Berdasarkan uji pra syarat, kedua kelas sampel berdistribusi normal dan mempunyai varian yang sama. Dari hasil analisis diperoleh rata-rata, untuk rata-rata kelas eksperimen diperoleh 64,86 dengan Standar Deviasi (SD) = 9,10 dan rata-rata kelas kontrol diperoleh 59,22 dengan Standar Deviasi (SD) = 8,14 untuk selanjutnya diuji dengan menggunakan uji t, dengan kriteria penolakan Ho adalah thitung > ttabel. Dari perhitungan diperoleh thitung = 2,630 dan ttabel = 1,67 dengan taraf signifikansi 5% dan dk = n1 + n2 – 2 = 66. Jadi Ho ditolak dan H diterima, berarti rata-rata hasil belajar peserta didik materi pokok sistem persamaan linear dua variabel kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah tidak identik. Maksudnya, terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar matematika peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) lebih efektif dari pada model pembelajaran konvensional. Disarankan agar guru dapat mengembangkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) pada pembelajaran matematika karena pembelajaran kooperatif ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Pembelajaran Kooperatif; Hasil Belajar; Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Additional Information: Pembimbing: Minhayati Saleh, Hj., S. Si., M. Sc.; Raharjo, H., Dr., M. Ed. St.
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 11 Jun 2015 09:09
Last Modified: 11 Jun 2015 09:09
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4241

Actions (login required)

View Item View Item