Etika guru terhadap murid dalam perspektif psikologi pembelajaran (studi analisis kitab Adabul Alim wa al Muta’allim karya Hadratus Syaikh Hasyim Asy’ari Jombang)

Imron, Moh. Ali (2009) Etika guru terhadap murid dalam perspektif psikologi pembelajaran (studi analisis kitab Adabul Alim wa al Muta’allim karya Hadratus Syaikh Hasyim Asy’ari Jombang). Undergraduate (S1) thesis, IAIN walisongo.

[img]
Preview
Text
3105412.pdf - Submitted Version

Download (409kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai (1) Konsep etika guru terhadap murid dalam kitab Adabul ‘Alim Wa Al Muta’alim. (2) Konsep etika guru terhadap murid dalam Kitab Adabul ‘Alim Wa Al Muta’alim ditinjau dari Perspektif Psikologi Pembelajaran dan kontribusinya dalam pendidikan modern. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan metode penelitian deskriptif, dari keseluruhan data yang terkumpul kemudian dianalisis yang bersifat kualitatif dengan menggunakan metode Interpretasi dan Content Analysis. Penerapan metode Interprestasi yaitu menganalisis kitab Adabul ‘Alim Wa Al Muta’alim untuk mengungkapkan makna yang terkandung. Kemudian metode Content Analysis akan mengungkapkan isi pemikiran K.H. Hasyim Asy’ari. Metode ini untuk mengetahui kerangka berfikir K.H Hasyim Asy’ari yang tertuang pada Adabul’alim Wa Al Muta’alim tentang etika guru terhadap murid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kitab Adabul ‘Alim Wa Al Muta’alim mengkhususkan penyajian tentang etika guru dan murid pada pembelajaran. Urainnya terfokus pada sikap-sikap yang harus dimiliki oleh seorang guru ketika memberikan pelajaran baik yang berhubungan dengan muridnya maupun dengan kitabnya. Adapun konsep etika guru pada kitab Adabul ’Alim Wa Al Muta’alim antara lain : (1) etika bagi alim (guru) selalu mendekatkan diri kepada Allah, takut (khouf) kepada murka Allah, sakinah, wara’, tawadhu’ khusyu, senantiasa berpedoman pada hukum Allah (2) Etika ketika mengajar, selalu mendatangi majlis kelas, mengucapkan salam kepada seluruh hadirin, menghadapi murid dengan penuh perhatian, sebelum memulai pengajaran hendaknya membaca beberapa ayat Al-Qur’an, mengatur volume suara, (3) Etika guru terhadap murid, memberikan pengajaran, membangun niat yang ihklas, mencintai para siswanya, mendidik dan memberikan pengajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Etika Guru; Relasi guru dan murid; Psikologi pembelajaran; Pendidikan Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing: Drs. Abdul Kholiq, M. Ag.; Dr. Hamdani Mu’in, M. Ag.
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 05 Nov 2015 09:35
Last Modified: 05 Nov 2015 09:35
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4632

Actions (login required)

View Item View Item