Hubungan antara hasil penilaian proyek pada materi pokok statistika dengan kemampuan komunikasi matematis peserta didik di MTs Nurul Islam Kabupaten Jepara tahun pelajaran 2009/2010

Mauhibah, Rohma (2010) Hubungan antara hasil penilaian proyek pada materi pokok statistika dengan kemampuan komunikasi matematis peserta didik di MTs Nurul Islam Kabupaten Jepara tahun pelajaran 2009/2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
63511032.pdf - Accepted Version

Download (880kB) | Preview

Abstract

Pada pembelajaran matematika di kelas IX semester I SMP/ MTs Terdapat standar kompetensi melakukan kegiatan statistika. Kompetensi dasarnya meliputi mengumpulkan, mengolah dan menafsirkan data. Kompetensi dasar ini sulit terukur dengan tes konvensional biasa, sehingga perlu teknik penilaian yang tepat. Teknik penilaian yang tepat digunakan adalah penilaian proyek. Pada pelaksanaan penilaian proyek, peserta didik melakukan investigasi matematis. Agar peserta didik bisa melaksanakan investigasi dengan baik, peserta didik harus mempunyai kemampuan berkomunikasi dengan baik. Melalui penelitian ini, akan dibuktikan adakah hubungan positif antara hasil penilaian proyek dengan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi antara dua variabel. Dimana penilaian proyek sebagai variabel bebas (X) dan keistmampuan komunikasi matematis senagai variabel terikat (Y). Permasalahan dalam penelitian ini yaitu adakah hubungan positif antara hasil penilaian proyek pada materi statistika dan komunikasi matematis peserta didik di MTs Nurul Islam Kabupaten Jepara Tahun Pelajaran 2009/ 2010? Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan hasil penilaian proyek pada materi statistika dan komunikasi matematis peserta didik di MTs Nurul Islam Kabupaten Jepara Tahun Pelajaran 2009/ 2010. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas IX semester I di MTs Nurul Islam Kabupaten Jepara tahun pelajaran 2009/ 2010. Yang berjumlah 126 peserta didik dan terbagi dalam tiga kelas. Sampel dipilih dengan teknik cluster sampling. Sehingga terpilih kelas IX A sebagai kelas penelitian dan kelas IX B sebagai kelas uji coba instrumen. Teknik pengambilan data dilakukan dengan dokumentasi dan tes. Data penilaian proyek diperoleh dengan teknik dokumentasi dan kemampuan komunikasi matematika diperoleh dengan cara tes tertulis. Data yang diperoleh kemudian diuji dengan uji korelasi product moment diperoleh koefisien korelasi sebesar 0, 563 dan dari tabel dengan derajat kebebasan (dk) = 42 tingkat kepercayaan 95% diperoleh r tabel = 0, 3044. Sehingga koefisien korelasi tersebut signifikan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara hasil penilaian proyek pada materi statistika dengan komunikasi matematis peserta didik di MTs Nurul Islam Kabupaten Jepara tahun pelajaran 2009/ 2010. Karena komunikasi matematis adalah hal penting dalam pembelajaran matematika. Sehingga disarankan dalam pembelajaran maupun penilaian, hendaknya guru memberi penekanan pada aspek ini.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil Penilaian Proyek; Statistika; Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Additional Information: Pembimbing: Hj. Minhayati Shaleh, S. Si., M. Sc.: Dr. Hj. Sukasih, M. Pd.
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 08 Dec 2015 04:33
Last Modified: 08 Dec 2015 04:33
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4821

Actions (login required)

View Item View Item