Hubungan antara Tingkat Pengetahuan Materi Aqidah Akhlak dengan Perilaku Keagamaan Siswa Kelas V MI Fathul Ulum Gabus Grobogan Tahun Pelajaran 2011/2012

Na’imah, Roi’ Hatun (2012) Hubungan antara Tingkat Pengetahuan Materi Aqidah Akhlak dengan Perilaku Keagamaan Siswa Kelas V MI Fathul Ulum Gabus Grobogan Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
063111119_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
063111119_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
063111119_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
063111119_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
063111119_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
063111119_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
063111119_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (12kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah yang hendak di teliti dalam skripsi ini adalah; 1) Bagaimana tingkat pengetahuan siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Fathul Ulum Gabus Grobogan tentang materi ajar Aqidah Akhlak. 2) Bagaimana perilaku keagamaan siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Fathul Ulum Gabus Grobogan. 3) Adakah hubungan antara tingkat pengetahuan siswa tentang Aqidah Akhlak dengan perilaku keagamaan siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Fathul Ulum Gabus Grobogan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisa tentang tingkat pengetahuan materi aqidah akhlak terhadap siswa kelas v di MI Fathul Ulum Gabus Grobogan, 2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisa tentang bagaimana perilaku keagamaan siswa kelas v di MI Fathul Ulum Gabus Grobogan, 3) Untuk mendeskripsikan dan menganalisa tentang hubungan antara tingkat pengetahuan siswa tentang aqidah akhlak dengan perilaku keagamaan siswa kelas V di MI Fathul Ulum Gabus Grobogan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metodeyang digunakan adalah metode korelasi dengan teknik analisis regresi sederhana. Regresi sederhana adalah suatu regresi yang mempunyai sebuah variabel bebas dan sebuah variabel terikat. Subyek penelitian sebanyak 40 responden yang terdiri dari 2 kelas. Data di kumpulkan dengan menggunakan tes untuk mengumpulkan data tentang pengetahuan materi aqidah akhlak dan angket untuk mengumpulkan data tentang perilaku keagamaan siswa. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik parametrik. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa hasil rata-rata data tingkat pengetahuan materi aqidah akhlak diperoleh (X) (7,13). Sedangkan hasil rata-rata perilaku keagamaan siswa (Y) diperoleh (62,85). Oleh karena itu ada pengaruh positif antara tingkat pengetahuan materi aqidah akhlak dengan perilaku keagamaan siswa kelas V MI Fathul Ulum Gabus Grobogan. Hal ini ditunjukkan oleh koefisien korelasi rxy= 0,464 dibandingkan dengan nilai r tabel pada taraf signifikan 5% = 0,312 dan pada taraf 1% = 0,403. Nilai rxy lebih besar daripada nilai rtabel baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1% dan dinyatakan signifikan Ini menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan materi aqidah akhlak melalui fungsi taksiran Y= 2,20X + 47,33, dan ini menunjukkan bahwa semakin baik tingkat pengetahuan materi aqidah akhlak yang dimiliki siswa semakin baik pula perilaku keagamaan siswa kelas V MI Fathul Ulum Gabus Grobogan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Materi Aqidah Akhlak; Perilaku Keagamaan; Siswa Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 04 Dec 2013 07:25
Last Modified: 04 Dec 2013 07:25
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/485

Actions (login required)

View Item View Item