Peningkatan Kemampuan Menulis Huruf Al-Qur’an Melalui Penggunaan Rotar Siswa Kelas III SD Negeri 2 Pegulon Kendal

Jaelani, Muhammad (2012) Peningkatan Kemampuan Menulis Huruf Al-Qur’an Melalui Penggunaan Rotar Siswa Kelas III SD Negeri 2 Pegulon Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
103111142_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (835kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111142_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111142_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111142_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111142_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111142_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111142_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (11kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas bagaimana upaya meningkatkan kemampuan menulis huruf Al Qur’an pada siswa kelas III SDN 2 Pegulon Kendal tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar baca tulis Al Qur’an pada siswa masih belum memuaskan, khususnya tentang menulis huruf Al Qur’an. Hal ini diduga karena guru dalam mengajar masih terlalu monoton dan kurang menarik bagi siswa. Dalam penelitian ini ditawarkan media pembelajaran yang baru yaitu ROTAR (Roda Putar). ROTAR adalah alat bantu pembelajaran yang berbentuk lingkaran (roda) berlapis yang bertuliskan huruf hijaiyah sesuai dengan aturan penulisan (awal,tengah,dan akhir), yang dapat membantu siswa belajar menulis huruf Al Qur’an. Rumusan permasalahan yang dimunculkan dalam penelitian ini yaitu, “Apakah media pembelajaran ROTAR mampu meningkatkan hasil belajar menulis huruf Al Qur’an pada siswa kelas III SD Negeri 2 Pegulon?”. Permasalahan tersebut dikaji dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 2 Pegulon Kendal Tahun Pelajaran 2011/2012. Jumlah siswa tersebut adalah 50 siswa. Seluruh siswa diberi pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran ROTAR. Metode pengumpulan data memakai teknik dokumentasi,observasi, dan tes. Tes yang dilakukan berbentuk essai yang ditujukan kepada siswa. Analisis diawali dari proses pembelajaran dengan melihat masalah – masalah yang dihadapi siswa oleh penelitian pada saat pembelajaran berlangsung. Proses penelitian dilakukan melalui dua siklus, kemudian hasil akhir pada setiap siklus dianalisis untuk dilihat hasilnya. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar setelah menggunakan media pembelajaran ROTAR. Perubahan yang diperoleh yaitu meningkatnya nilai ketuntasan belajar siswa, dari siklus awal mencapai ketuntasan 24% dengan nilai rata – rata 54,5. Pada siklus I ketuntasannya mencapai 32% dengan nilai rata – rata 63,0. Sedangkan pada siklus II ketuntasannya mencapai 76% dengan nilai rata – rata 72,8. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa dalam kemampuan menulis huruf Al Qur’an. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan media pembelajaran ROTAR dapat meningkatkan kemampuan menulis huruf Al Qur’an pada siswa kelas III SDN 2 Pegulon Kendal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Menulis Huruf Al-Qur’an; Rotar Siswa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 04 Dec 2013 08:03
Last Modified: 04 Dec 2013 08:03
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/490

Actions (login required)

View Item View Item