Efektifitas pembelajaran Fisika berpendekatan inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar Fisika pada pokok bahasan Hukum Newton peserta didik kelas X MAN Kendal 2014/2015

Mukhafidhin, Muhamad (2015) Efektifitas pembelajaran Fisika berpendekatan inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar Fisika pada pokok bahasan Hukum Newton peserta didik kelas X MAN Kendal 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083611019.pdf - Accepted Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, yang dilaksanakan di MAN Kendal Kabupaten Kendal. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X untuk kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen, dan kelas X IPA 5 sebagai kelas kontrol, yang masing-masing kelas memiliki jumlah peserta didik sebanyak 29 dan 30. Adapun teknik pengambilan sampel ini dilakukan dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi untuk mengambil data nama peserta didik yang termasuk dalam populasi dan sampel penelitian serta untuk mengetahui nilai ulangan peserta didik. Selain itu digunakan metode tes untuk memperoleh data tentang hasil belajar. Sebelum diberi perlakuan, kedua kelas diberikan pre-test dan diuji keseimbangannya dengan uji normalitas dan homogenitas. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen diberi pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Inkuiri Terbimbing sedangkan kelas kontrol tidak menggunakan Pendekatan Inkuiri Terbimbing. Dalam uji hipotesis nilai post-test hasil belajar peserta didik peneliti menggunakan Uji t. Berdasarkan Uji t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel= 1,67 sedangkan thitung= 2,20. Karena thitung>ttabel, maka Ha diterima, artinya hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dibanding kelas kontrol. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 75,17 dan kelas kontrol = 70,83. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar fisika pada pokok bahasan Hukum Newton dengan pembelajaran fisika berpendekatan Inkuiri terbimbing lebih baik daripada dengan metode konvensional. Dengan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan menjadi inovasi bagi civitas akademik, para mahasiswa dan para pendidik agar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan pembelajaran fisika berpendekatan Inkuiri terbimbing dalam proses pembelajaran.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Fisika; Metode inkuiri terbimbing; Hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Additional Information: Pembimbing : Hj. Nur Asiyah, M.S.I.; Joko Budi Poernomo, M. Pd.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 09 Feb 2016 00:48
Last Modified: 09 Feb 2016 00:48
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4977

Actions (login required)

View Item View Item