Efektivitas penerapan metode Gallery Walk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika materi lambang bilangan semester I kelas IV tahun 2012 MI Islamiyah Banyuputih Batang

Rohyeni, Rohyeni (2015) Efektivitas penerapan metode Gallery Walk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika materi lambang bilangan semester I kelas IV tahun 2012 MI Islamiyah Banyuputih Batang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083911009.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi Pembelajaran matematika mengharapkan peserta didik mempunyai keterampilan berpikir yang kritis, sistematis, logis, dan kreatif, pembelajaran matematika kelas VI di MI Islamiyyah Banyuputih Batang belum berjalan dengan baik, karena masih berpusat pada guru, peserta didik malas dan tidak mau malas dan tidak mau bertanya tentang materi pembelajaran yang belum dimengerti dan peserta didik juga kurang terbiasa berbagi pengetahuan dengan temannya, untuk memunculkan dan meningkatkan kemampuan peserta didik, dapat digunakan berbagai macam metode pembelajaran salah satunya yaitu dengan menggunakan metode galery walk. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah penerapan metode gallery walk efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika materi lambang bilangan semester I Kelas IV tahun 2012 MI Islamiyah Banyuputih Batang? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang berbentuk kuantitatif dalam desain eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dan pengamatan, dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial yaitu menggunakan teknik analisis ttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penerapan metode gallery walk efektif dalam pembelajaran matematika di MI Islamiyah dengan kata lain efektif yang dimaksud bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan metode gallery walk lebih baik dari pada hasil belajar siswa sebelum diajar dengan metode gallery walk, hasil perhitungan diperoleh hasil rata-rata post test = 87.778 sedangkan hasil rata-rata pre test = 73.333 dengan n1 = 18 dan n2 = 18 diperoleh thitung = 6,231 hasil tersebut kemudian dibandingkan dengan ttabel taraf signifikasi 5% (18 + 18 - 2) = 34 = 2.032 sehingga ttabel > thitung.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Gallery Walk; Lambang Bilangan; Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing : Lulu’ Choirun Nisa’, S.Si., M. Pd.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 05 Feb 2016 08:57
Last Modified: 05 Feb 2016 08:57
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4980

Actions (login required)

View Item View Item