Kompetensi kepribadian guru menurut Al-Ghazali

Huda, Nafiul (2015) Kompetensi kepribadian guru menurut Al-Ghazali. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
103111129.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh urgensi guru dewasa ini dimana faktor-faktor kepribadian baik itu berupa kearifan atau kebijaksanaan jarang dimiliki seorang guru, sehingga menjadikan anak didik kesulitan untuk mencari sosok idola panutan mereka, sedang anak-anak yang berada dalam usia remaja atau diambang kedewasaan sangat mencari dan merindukan figur keteladanan dan tokoh identifikasi yang akan diterima dan diikuti langkahnya. Berbagai kasus yang disebabkan oleh kepribadian guru yang kurang mantap, kurang stabil dan kurang dewasa, sering kita dengar diberita-berita elektronik atau kita baca di majalah dan surat kabar. Misalnya, ada oknum guru yang menghamili peserta didiknya, terlibat penipuan atau pencurian, dan seorang ustadz yang terlibat kasus kriminal.Ini merupakan kabar yang sangat menyedihkan bagi dunia pendidikan. Oleh karena itu kompetensi kepribadian guru harus lebih dimiliki oleh seorang guru.Masalah kepribadian guru menjadi prioritas utama dan perhatian yang besar dikalangan ulama, termasuk imam Ghazali, melalui kitabnya Ihya’ Ulumuddin, Mizanul Amal dan Fatihatul Ulum yang disitu beliau memaparkan beberapa kompetensi kepribadian yang harus dimiliki oleh seorang guru. Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini ialah seperti apa kompetensi kepribadian guru menurut imam Ghazali yang beliau paparkan dalam kitabnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis. Dan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi kontribusi dan menambah khasanah keilmuan dalam pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka kategori kualitatif, dengan sumber data berupa sebuah kitab karya imam al-Ghazali. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan terhadap sumber data baik primer maupun sekunder, berupa buku-buku yang berkaitan dengan bidang penelitian. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik suatu kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan ada 3 aspek yang terkait dengan pribadi seorang guru itu sendiri. (1) Aspek yang terkait dengan Allah yaitu seorang guru harus bersifat zuhud (tidak menomorsatukan upah). (2) Aspek yang terkait dengan dirinya sendiri yaitu, seorang guru harus jujur dan menjadi teladan bagi muridnya dan menghormati ilmu yang ditekuni oleh guru yang lain. (3) Aspek yang terkait dengan Murid yaitu, kasih sayang terhadap muridnya, selalu menasehati muridnya dan mencegahnya dari perbuatan tercela, guru harus tahu kemampuan murid dan guru harus arif dan bijak dalam menyampaikan ilmu pada muridnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing : Dr. Mustaqim, M. Pd.; Nasiruddin, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Kepribadian guru; Kompetensi guru
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 11 Feb 2016 09:17
Last Modified: 11 Feb 2016 09:17
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4994

Actions (login required)

View Item View Item