Persepsi guru PAI tentang kurikulum 2013 dan pengaruhnya terhadap motivasi mengajar guru SMP di MGMP PAI SMP Kabupaten Demak tahun ajaran 2014/2015

Rouf, Abdur (2015) Persepsi guru PAI tentang kurikulum 2013 dan pengaruhnya terhadap motivasi mengajar guru SMP di MGMP PAI SMP Kabupaten Demak tahun ajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
113111030.pdf - Accepted Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh Persepsi Guru PAI Tentang Kurikulum 2013 dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Mengajar Guru SMP di MGMP PAI SMP Kabupaten Demak Tahun Ajaran 2014/ 2015. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan teknik analisis regresi. Dalam pengambilan data penelitian ini menggunakan Simple Random Sampling, dengan jumlah responden sebanyak 25 guru PAI dari jumlah total guru PAI di MGMP PAI SMP kabupaten Demak 125 guru PAI. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tiga metode yaitu metode angket, wawancara, metode dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengambil data tentang kedua variabel, yaitu untuk mengetahui persepsi guru PAI tentang kurikulum 2013 dan untuk mengetahui motivasi mengajar guru. Metode wawancara di gunakan untuk memperoleh gambaran umum keadaan MGMP. Metode dokumentasi di gunakan untuk memperoleh data-data yang berkaitan dengan keadaan MGMP, keadaan guru, dll. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ada pengaruh positif persepsi guru PAI tentang Kurikulum 2013 terhadap motivasi mengajar guru SMP di MGMP PAI SMP kabupaten Demak. Berdasarkan hasil penelitian rata-rata nilai positif persepsi guru PAI tentang Kurikulum 2013 sebesar 44,48 adalah pada interval 43 - 45, dengan kategori baik. Dan data tentang motivasi mengajar guru SMP di MGMP PAI SMP kabupaten Demak yaitu pada rata-rata 47 adalah pada interval 46 - 48, dengan kategori baik. Terbukti hasil perhitungan Freg hitung = 8,285 lebih besar jika dibandingkan dengan angka pada nilai Ftabel pada taraf signifikansi 5% (8,285> 4,28), maupun pada taraf signifikansi 1% (8,285> 7,88). Dengan demikian hipotesis yang peneliti ajukan yang berbunyi “ada pengaruh positif antara persepsi guru PAI tentang kurikulum 2013 terhadap motivasi mengajar guru SMP di MGMP PAI SMP kabupaten Demak tahun ajaran 2014/2015” dapat diterima.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Guru; Pendidikan Agama Islam; Motivasi mengajar; Kurikulum 2013
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing : Drs. Abdul Wahib, M. Ag.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 01 Mar 2016 07:46
Last Modified: 01 Mar 2016 07:46
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5015

Actions (login required)

View Item View Item