Pengaruh persepsi peserta didik pada guru PPL dalam mengelola kelas terhadap motivasi belajar pendidikan agama Islam bagi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 12 Semarang tahun ajaran 2014/2015

Furqon, Muhammad Ali (2015) Pengaruh persepsi peserta didik pada guru PPL dalam mengelola kelas terhadap motivasi belajar pendidikan agama Islam bagi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 12 Semarang tahun ajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
113111058.pdf - Accepted Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Keberadaan guru PPL PAI di sekolah akan menimbulkan berbagai persepsi dari siswa, baik persepsi yang baik maupun yang kurang baik. Perbedaan persepsi ini akan berpengaruh terhadap minat belajarnya, dikarenakan jika siswa memiliki persepsi yang baik pada guru PPL PAI, hal ini tentu saja akan membuat siswa tersebut senang jika pengajarnya guru PPL, tetapi jika persepsi siswa kurang baik maka siswa tersebut tentu saja akan merasa tidak senang jika diajar oleh guru PPL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) persepsi peserta didik pada guru PPL dalam mengelola kelas; 2) motivasi belajar PAI siswa; dan 3) pengaruh persepsi peserta didik pada guru PPL dalam mengelola kelas terhadap motivasi belajar PAI bagi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 12 Semarang tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan korelasi dengan teknik analisis korelasional, dikarenakan teknik ini mengkaji dan mengukur dua hubungan antara dua variabel atau lebih. Karena populasinya lebih dari 100 siswa, diambil 28% secara acak dari semua siswa, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 40 siswa. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi, dikarenakan analisis regresi mengembangkan persamaan estimasi untuk mendeskripsikan pola atau fungsi hubungan antara variabel-variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi peserta didik pada guru PPL dalam mengelola kelas bagi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 12 Semarang tahun ajaran 2014/2015 dalam kategori “cukup”. Hal tersebut ditunjukkan dari nilai rata-rata persepsi peserta didik pada guru PPL dalam mengelola kelas sebesar 57,98 terletak pada interval 55,6 – 60,3, sedangkan motivasi belajar PAI siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 12 Semarang tahun ajaran 2014/2015 dalam kategori “baik”. Hal tersebut ditunjukkan dari nilai rata-rata motivasi belajar PAI siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 12 Semarang tahun ajaran 2014/2015 sebesar 62,98 terletak pada interval 62,5 – 67,2. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi menunjukkan, bahwa ada pengaruh yang signifikan (dapat digeneralisasikan) persepsi peserta didik pada guru PPL dalam mengelola kelas terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam bagi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 12 Semarang tahun ajaran 2014/2015. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Freg sebesar 26,013. Setelah dicocokkan dengan F tabel pada taraf 5 % sebesar 4,10, sedangkan nilai F tabel pada taraf signifikansi 1 % sebesar 7,35. Karena Freg > F tabel 5 % dan 1 %, maka signifikan atau dapat digeneralisasikan. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan ada pengaruh yang signifikan antara persepsi peserta didik pada guru PPL dalam mengelola kelas terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam bagi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 12 Semarang tahun ajaran 2014/2015 diterima. Artinya, semakin tinggi persepsi peserta didik pada guru PPL dalam mengelola kelas, maka semakin tinggi motivasi belajar PAI siswa. Sebaliknya, semakin rendah persepsi peserta didik pada guru PPL dalam mengelola kelas, maka semakin rendah motivasi belajar PAI siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangan dan bahan informasi bagi khasanah ilmu pengetahuan serta masukan bagi civitas akademika dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Guru PPL; Pendidikan agama Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing : Drs. Muslam, M. Ag., M. Pd.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 29 Feb 2016 02:31
Last Modified: 29 Feb 2016 02:31
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5022

Actions (login required)

View Item View Item