Analisis soal-soal dalam buku siswa Matematika kurikulum 2013 kelas VIII semester I terbitan Kemendikbud berdasarkan dimensi kognitif dari Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS)

Adilah, Nurul (2015) Analisis soal-soal dalam buku siswa Matematika kurikulum 2013 kelas VIII semester I terbitan Kemendikbud berdasarkan dimensi kognitif dari Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
113511008.pdf - Accepted Version

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis soal matematika dalam buku siswa matematika kurikulum 2013 untuk kelas VIII semester I terbitan Kemendikbud berdasarkan dimensi kognitif dari Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS). Kajiannya dilatarbelakangi hasil laporan dari TIMSS yang menunjukkan rendahnya kemampuan matematika peserta didik Indonesia, dimana hasil tersebut menjadi pemerkuat pentingnya keberadaan kurikulum 2013. Adapun untuk memperkuat tata kelola kurikulum 2013 Pemerintah telah menyiapkan buku siswa sebagai buku acuan wajib pembelajaran di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian adalah soal latihan dan soal uji kompetensi tiap bab dalam buku siswa matematika kurikulum 2013 untuk kelas VIII semester I terbitan Kemendikbud. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode dokumentasi. Pedoman analisis soal berdasarkan dimensi kognitif dari TIMSS 2015 Assessment Framework. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 212 soal yang dianalisis diperoleh 36 soal hanya mencapai tingkat kognitif pada domain knowing dengan persentase 16.98 %, 114 soal sudah mencapai tingkat kognitif pada domain applying dengan persentase 53.77% dan 62 soal sudah mencapai tingkat kognitif pada domain reasoning dengan persentase 29.25%.Soal-soal pada domain knowing, aspek kognitif yang termuat adalah recall 33.72%, classify/order 24.42%, compute 23.26%, retrieve 11.63% dan recognize 6.98%. Untuk soal-soal pada domain applying, aspek kognitif yang termuat yaitu determine 37.93%, implement 33.91% dan represent/model 28.16%. Adapun untuk soal-soal pada domain reasoning, aspek kognitif yang termuat adalah analyze 36.56%, integrated/synthesize 24.73%, justify 19.35%, evaluate 11.83%, draw conclusions 5.38 % dan generalize 2.15%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing : Budi Cahyono, S. Pd., M. Si.; Agus Sutiyono, M. Ag., M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Analisis soal; Buku ajar; Kurikulum 2013; Dimensi kognitif
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 30 Mar 2016 01:44
Last Modified: 30 Mar 2016 01:44
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5105

Actions (login required)

View Item View Item