Tingkat penguasaan konsep dan retensi peserta didik MA Uswatun Hasanah pada materi hidrolisis melalui model POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) bermuatan Multiple Level Representation

Khulliyah, Khulliyah (2015) Tingkat penguasaan konsep dan retensi peserta didik MA Uswatun Hasanah pada materi hidrolisis melalui model POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) bermuatan Multiple Level Representation. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
113711002.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tingkat penguasaan konsep dan retensi peserta didik MA Uswatun Hasanah pada materi hidrolisis melalui model POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) bermuatan Multiple Level Representation. Hal ini disebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik pada materi hidrolisis khususnya pada level mikroskopik. Di samping itu, pembelajaran yang dilakukan di MA Uswatun Hasanah masih menggunakan metode konvensional. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: seberapa tinggi tingkat penguasaan konsep dan retensi peserta didik MA Uswatun Hasanah pada materi hidrolisis melalui model POGIL bermuatan Multiple Level Representation. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi penelitian eksperimen yang dilaksanakan di MA Uswatun Hasanah. Penelitian ini menggunakan satu sampel untuk memperoleh data penelitian yaitu kelas XI jurusan IPA. Data penelitian diperoleh dengan metode dokumentasi untuk mendapatkan daftar nama-nama peserta didik kelas XI jurusan IPA MA Uswatun Hasanah dan metode tes untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik yang diperoleh dari nilai pretest, posttest, dan retest. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran melalui model POGIL bermuatan Multiple Level Representation dapat meningkatkan tingkat penguasaan konsep dan retensi peserta didik kelas XI IPA MA Uswatun Hasanah. Terdapat 30% peserta didik mengalami peningkatan penguasaan konsep kategori tinggi, 40% peserta didik mengalami peningkatan penguasaan konsep kategori sedang, dan 30% mengalami peningkatan penguasaan konsep kategori rendah. Adapun tingkat retensi peserta kelas XI IPA MA Uswatun Hasanah adalah 92,7% yang tergolong tinggi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Penguasaan konsep dan retensi; Model pembelajaran; POGIL; Hidrolisis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 541 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Kimia
Additional Information: Pembimbing: R. Arizal Firmansyah, M. Si.; Andi Fadlan, S. Si., M. Sc.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 18 Mar 2016 07:49
Last Modified: 18 Mar 2016 07:49
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5145

Actions (login required)

View Item View Item